Sekda Muarojambi Kukuhkan DPC APJI Resmi Dikukuhkan, Sekda Berharap Kuliner Tradisional Lebih Berkembang -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Sekda Muarojambi Kukuhkan DPC APJI Resmi Dikukuhkan, Sekda Berharap Kuliner Tradisional Lebih Berkembang

tuntas.co.id


MUAROJAMBI, TUNTAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Muarojambi membentuk Dewan Pimpinan Cabang ( DPC) Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia ( APJI), Selasa (12/11/2019) di Rumah Dinas Bupati Muarojambi. Pelantikan ini langsung dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muarojambi, M Fadhil Arief.

Dalam kesempatan ini, Sekda menyebutkan bahwa DPC APJI ini merupakan asosiasi yang baru dibentuk di Kabupaten Muarojambi. Sebelumnya pengusaha jasaboga yang ada di Kabupaten Muarojambi bergerak sendiri-sendiri.

Sehingga kata Sekda dengan adanya pelantikan DPC APJI ini diharapkan semua pengusaha yang bergerak di bidang jasaboga dapat terhendel oleh Pemerintah Kabupaten Muarojambi. Tidak hanya sebagai asosiasi, dengan adanya DPC APJI ini diharapkan bisa memberikan dampak pada perkembangan UMKM khususnya di DPC APJI.


"APJI ini mewarnai pertumbuhan UMKM yang ada di Muarojambi, apalagi khusus masalah kuliner. Kita tahu bahwa asupan makanan ini harus disediakan baik, kemudian ada standar-standar tertentu yang harus di transfer pengetahuannya pada masyarakat," sebut Sekda.

Sekda menyebutkan bahwa program dan semangat yang dibangun oleh APJI sama dengan Pemerintah Kabupaten Muarojambi yaitu untuk menumbuhkan perkembangan UMKM di Kabupaten Muarojambi.

"Bahwa kita harus bangkitkan potensi-potensi, budaya-budaya yang ada di Muarojambi tentang makanan tradisional, makanan ini kan makanan sehat. Ini kita ajak APJI untuk menumbuh kembangkan lagi makanan-makanan tradisional di Muarojambi," terangnya.


M Fadhil Arief menyebutkan bahwa secara personal mungkin pengusaha jasaboga telah memberikan kontribusi pada Kabupaten Muarojambi. Namun dengan adanya asosiasi ini akan lebih gampang pemkab bekerjasama.

"Dengan adanya paguyuban seperti ini akan lebih gampang untuk kita bekerjasama. Ini kedepan yang kita harapkan," pungkasnya.

Di sisi lain, Kepala Koperindag Kabupaten Muarojambi, Nur Subiantoro menyebutkan bahwa APJI ini sudah ada lima tahun, dan untuk Kabupaten Muarojambi telah berjalan selama enam bulan dan hari ini adalah pengukuhannya.

"Selama ini mungkin tidak banyak yang tahu, jadi hari ini pengukuhannya. Ini juga bisa menjadi kolaborasi antara APJI dan Pemkab, nanti kedepan mereka akan kita libatkan dalam kegiatan-kegiatan untuk memperkenalkan hasil jasaboga mereka, kedepan juga untuk mendukung UMKM bidang Jasaboga di Muarojambi," pungkasnya. (*)