Wabup Tanjabbar Ikut Hadiri Bulan K3 -->
Cari Berita

Wabup Tanjabbar Ikut Hadiri Bulan K3

tuntas.co.id


TUNTAS.CO.ID, Tanjabbar - Pemerintah Provinsi Jambi melaksanakan upacara peringatan hari Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2018, di Citra Raya Mendalo Permai Kec. Jambi Luar Kota Kamis (8/3/2018).

Peringatan Bulan Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) harus menjadi momen betapa pentingnya K3 bagi para pekerja. 

Inspektur Upacara dipimpin langsung oleh Sekda Provinsi Jambi Drs. H M Dianto M Si dengan membacakan amanat dari Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri.

Dalam sambutan tertulis Menteri Ketenagakerjaan RI M. Hanif Dhakiri mengatakan, Pemerintah terus menerus meningkatkan program pembangunan dengan memperluas kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat.

Tujuan K3 tidak hanya untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga untuk mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset, dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

“Tujuan perlindungan K3 tersebut dapat terlaksana apabila seluruh unsur yang terdapat di perusahaan baik pihak manajemen perusahaan, Serikat Pekerja/Serikat Buruh, dan tenaga kerja atau buruh bersama sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja,” ujar Dianto.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan yang telah peduli menjalankan  Program K3 diantaranya PT. Thriveni (Grup Minimex Indonesia Jambi),PT. Perkebunan Nusantara VI Jambi,PLN Sektor pembangkitan Jambi,PLN UPTP Transmisi Jambi dan Petrochina Internasional Jabung, Ltd Jambi.

Untuk pemenang lomba Firts Aider Competition K3 pertolongan pertama yang diselenggarakan oleh Petrochina yakni Petrochina Tanjung Jabung Barat, PT. Argo Wiyana dan PT. Trimitra lestari.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pjs. Walikota Jambi  Muhammad Fauzi, Forkopimda Provinsi Jambi, Kepala BPJS Provinsi Jambi Kapolres Muaro Jambi Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Se-Prov. Jambi serta Perwakilan dari Pimpinan Perusahaan.

Rangkaian berlanjut dengan penyerahan klaim hari tua dan jaminan dari BPJS yang diberikan kepada Ibu Nurcahya dan  Ibu Darmalinda. (**)

Reporter : Anto