Sekda Tanjabbar Buka Secara Resmi Rapat Kerja Forum Pengelolaan DAS Provinsi Jambi -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Sekda Tanjabbar Buka Secara Resmi Rapat Kerja Forum Pengelolaan DAS Provinsi Jambi

tuntas.co.id

Sekda Tanjabbar Buka Secara Resmi Rapat Kerja Forum Pengelolaan DAS Provinsi Jambi
Ist


TUNTAS.CO.ID_TANJAB BARAT - Mewakili Bupati Sekda Tanjab Barat Drs. H. Agus Sanusi, M. Si membuka secara resmi Rapat kerja Forum koordinasi Pengelolaan DAS Provinsi Jambi. Rabu (19/10/22) Bertempat diaula Bappeda Kuala Tungkal.


Sebelum rapat dilakukan penanaman bibit pohon Meranti, matoa, durian, kelengkeng di halaman mall pelayanan publik bersama komunitas peduli lingkungan. 


Bacakan Sambutan Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjabbar dalam sambutannya menyampaikan melalui acara rapat kerja forum pengelolaan DAS Provinsi Jambi Tahun 2022 diharapkan mampu mensinergikan Roadmap kegiatan pengelolaan DAS dan kegiatan Program pembangunan antara wilayah kabupaten dengan wilayah provinsi Jambi. 


Selain itu rapat kerja ini bertujuan untuk membangun partisipasi masyarakat khususnya komunitas peduli lingkungan dan sharing informasi kegiatan pengelolaan sungai dan sempadan sungai berbasis ekowisata dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. 


"Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 37 tahun 2012 tentang pengelolaan daerah aliran sungai menyatakan pengertian DAS yaitu suatu wilayah daratan yang merupakan suatu kesatuan dengan sungai dan anak- anak sungai yang berfungsi menampung menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari dari curah hujan ke danau maupun ke laut secara alami," ujar Sekda.


Sambutan Ketua Forum DAS Batanghari ir. Tagor Mulia Nasution, MM kami forum DAS koordinasi cukup bagus. Kita ada kegiatan-kegiatan untuk mendukung kegiatan dilapangan. 


"Persoalan sampah baik di sungai maupun didanau akan kita bahas disini baik solusi maupun dari komunitas. Mari kita bergerak bersama sama untuk melindungi DAS kita," ujarnya.


Sementara itu dalam arahan Ketua Forum DAS Nasional IB Putera parathoma mengatakan Forum ini sangat penting sebagai wadah utama sarana mengintegrasikan wacana. 


"Konkritnya kunci kita ada di Desa maupun komunitas. Diharapkan forum DAS bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah sehingga program komunitas bisa seiring berjalan," pungkasnya. 


Hadir pada rapat Ketua Forum DAS Nasional Igre Putra Pratama, Sekda, Kepala Bapeda Provinsi Jambi, ketua komunitas peduli lingkungan dan undangan lainnya. (*/4πT0)