Dorong Akserelasi Perekonomian, Bupati Muratara Fasilitasi Perusahaan Recruitment SDM Lokal Kerja di Tambang -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Dorong Akserelasi Perekonomian, Bupati Muratara Fasilitasi Perusahaan Recruitment SDM Lokal Kerja di Tambang

tuntas.co.id

Bupati Muratara Fasilitasi Perusahaan Recruitment SDM Lokal Kerja di Tambang
Bupati Muratara Devi Suhartoni. (Poto/Ist)


TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Devi Suhartoni mempasilitasi pihak perusahaan tambang batubara untuk merekrut Sumber daya manusia (SDM) lokal.


Sebagai seorang yang ahli dan telah malang melintang di dunia tambang, Devi Suhartoni juga pernah memperlakukan tenaga lokal dengan baik dan profesional pada saat dia masih bekerja di perusahaan pertambangan.


"Sebagai mantan orang Profesional kerja tambang pernah mengalami tekanan lokal waktu dirantau supaya menerima anak anak lokal," sebut Devi Suhartoni dalam rilisnya, Selasa (7/6/2022).


Tidak tanggung-tanggung, Devi Suhartoni juga mempasilitasi pihak perusahaan untuk interview calon pekerja di kediaman Dinas Bupati Muratara. Seperti beberapa hari yang lalu Manajemen PT. Anugerah Covindo Indonesia (PT ACI). Dan hari ini Selasa (7/6/2022) manajemen PT Cahaya Riau Mandiri (CRM).


"Karena kesulitan tempat, maka kami memfasilitasi, silahkan pakai halaman rumah dinas untuk interview," ujar Devi Suhartoni.


Interview ini dilaksanakan secara terbuka dan transparan.  Pihak perusahaan menjadi penentu masuk tidaknya calon pendaftar sesuai pekerjaan yang dibutuhkan di perusahaan tersebut.


Bupati berharap, dengan dimaksimalkan pemberdayaan tenaga lokal, dapat mendorong akserelasi perekonomian masyarakat Muratara.


"Dengan banyaknya anak Muratara berkerja dipertambang, maka ekonomi makro dan mikro dapat tumbuh dengan baik," jelas Devi Suhartoni yang juga kader Idiologis PDI Perjuangan ini.


Bupati Muratara Fasilitasi Perusahaan Recruitment SDM Lokal Kerja di Tambang
Manajemen PT CRM saat interview 56 peserta. (Poto/3d)


Sebanyak 56 orang yang mengikuti interview, selanjutnya manajemen PT. CRM akan memproses sesuai tahapan-tahapan profesional perusahaan pertambangan.


Made Eka selaku Manajer PT. CRM. Menyebutkan, pelaksanaanan recuitment ini melalui beberapa tahapan. Setelah proses tahapan interview, peserta akan mengikuti proses medical chek up dan Psikotes. 


Dia menjelaskan dengan melalui program magang dan seleksi ini, nantinya akan banyak putra daerah Muratara yang siap kerja dan mampu berkarir profesional di dunia tambang.


"Kita nantinya akan membuat training center ( pusat pelatihan ) bidang pertambangan bekerjasama dengan pemerintah. sebagai upaya membangun SDM kompeten di dunia tambang, sehingga perusahaan tambang di Muratara mudah untuk mencari tenaga kerja siap bekerja pada bidanngya," jelasnya.


Untuk diketahui program magang (Vokasi) ini bertujuan melatih lulusan SLTA sederajat, D3 dan S1. Yang belum punya pengalaman sama sekali.


Kemudian diberikan pelatihan tempat kerja dibimbing oleh pengawas dan pekerjaan yang sudah competent.


Program ini berlangsung selama enam bulan. Setiap peserta diberikan makan siang dan uang saku sebesar dua juta perbulan.


Posisi untuk program magang, Helper mekanik, Moco, Crew survey dan Crew Safety. Setelah dinyatakan lulus maka akan direkrut menjadi karyawan.

(A4/3d)