Ajak SPS Kolaborasi Bangun Jambi, Al Haris : Gaungkan Harapan dan Tebarkan Optimisme -->
Cari Berita

GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Ajak SPS Kolaborasi Bangun Jambi, Al Haris : Gaungkan Harapan dan Tebarkan Optimisme

tuntas.co.id

Ajak SPS Kolaborasi Bangun Jambi, Al Haris : Gaungkan Harapan dan Tebar Optimisme
Ist


TUNTAS.CO.ID_JAMBI – Gubernur Jambi, Al Haris membuka Seminar Nasional Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Jambi, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (29/06/2022).


Seminar tersebut mengangkat tema, "Tantangan dan Solusi Perusahaan Pers Cabang Jambi di Era Disrupsi Pasca Pandemi Covid-19."


Dalam arahannya, Al Haris, menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi siap melakukan kolaborasi bersama Serikat Perusahaan Pers Cabang Jambi untuk membangun negeri, khususnya Provinsi Jambi. 


"Pers memiliki kontribusi besar dalam sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia, termasuk dalam perjuangan kemerdekaan. Banyak informasi dan berita yang diproduksi oleh pers, dan turut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dimana pers merupakan salah satu pilar dalam pembangunan nasional, yang turut berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara," ujar Al Haris.


"Saya mengajak insan-insan pers untuk terus konsisten menerapkan kode etik jurnalistik seiring dengan era Industri 4.0 dan era digital saat ini. Pers berusaha menjadi yang tercepat dalam menyajikan berita dengan berbagai platform digital, namun jangan sampai kecepatan dalam penyajian berita mengorbankan ketepatan data dan kualitas substansi," lanjut Al Haris.


Al Haris juga mengajak seluruh jurnalis dan insan pers untuk terus meningkatkan kompetensi dan kualitas diri, karena hanya jurnalis yang memiliki kompetensi dan kualitas diri yang mampu bertahan dalam persaingan kedepannya yang semakin kompetitif.


"Sejak Maret 2020, kita dihadapkan dengan kondisi pandemi covid-19, tantangan yang sangat sulit bagi semuanya, baik dalam kehidupan ekonomi maupun sosial, serta mempengaruhi semua sektor kehidupan. Kita semua tidak memilih menyerah dengan keadaan ini, melainkan kita harus bangkit dengan adaptif, dan berusaha untuk melakukan pemulihan ekonomi," kata Al Haris.


Al Haris menuturkan, SPS cabang Jambi harus turut serta dalam membina Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama anak muda di Provinsi Jambi. Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung penuh kegiatan SPS cabang Jambi, untuk itu SPS Cabang Jambi hendaknya membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak terkait untuk pembinaan UMKM.


“Saya sangat mengapresiasi peran pers yang turut berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi daerah dan nasional melalui pemberitaan yang konstruktif dalam upaya penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi. Saat Pandemi Covid-19, pers tetap bekerja dan menjadi garis terdepan tiap pemberitaan," tutur Al Haris.


Al Haris juga mengajak pers melalui berita-berita yang dihasilkannya, menggaungkan harapan dan menebar optimisme, serta menjadi bagian dari solusi terhadap berbagai permasalahan negeri, untuk membantu supaya masyarakat, daerah, dan negara ini terus melangkah ke arah yang lebih baik lagi. (*/Sul)