Bupati Masnah Sampaikan LKPJ Tahun 2021 -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Bupati Masnah Sampaikan LKPJ Tahun 2021

tuntas.co.id

Bupati Masnah Sampaikan LKPJ Tahun 2021
Ist

TUNTAS.CO.ID_SENGETI - Rapat paripurna DPRD Muaro Jambi  dengan agenda Pengumuman Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Muaro Jambi Masa Jabatan 2017-2022 digelar, Rabu (30/3), kemarin. 


Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Muaro Jambi, Yuli Setia Bakti, dihadiri langsung oleh Bupati Muaro Jambi Masnah Busro didampingi Wabup Bambang Bayu Suseno. 


Selain itu, rapat Paripurna kali ini juga dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2021. 


Bupati Masnah dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf atas segala kekhilafan selama masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati BBS selaku Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah periode 2017-2022. 


Dirinya berharap silaturahmi yang telah terjalin akan terus berlanjut meskipun tidak lagi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muaro Jambi. 


Melalui momentum tersebut, Masnah juga menyampaikan gambaran mengenai program pembangunan yang telah dilaksanakan dan sederet prestasi yang ditorehkan selama 2021 dalam penyampaian LKPJ. 


"Memang selama 5 tahun kepemimpinan kami bersama pak BBS, masih ada yang belum terpenuhi, tapi kami yakin kepemimpin Pj Bupati selama 2 tahun kedepan program kita yang tertunda bisa bersinergi dan membawa perubahan bagi Muaro Jambi," katanya kepada awak media. 


Dia menegaskan, berkat usaha dan kerja keras bersama, berdasarkan hasil audit BPK-RI terhadap pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran sebelumnya, pada tahun 2021 Kabupaten Muaro Jambi mampu mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 


"Berbagai prestasi yang telah diraih selama tahun 2021, diharapkan menjadi evaluasi guna peningkatan hasil pelaksanaan pembangunan bagi upaya kita semua kedepan dalam pencapaian target-target pembangunan yang belum tercapai," katanya. 


Adapun berbagai penghargaan yang telah diraih pada tahun 2021 antara lain menerima penghargaan dari Kementrian Keuangan berupa piagam Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-7 (tujuh) kalinya pada laporan keuangan tahun anggaran 2020. 


"Dimana dalam lima tahun terakhir kabupaten Muaro Jambi mendapatkan penghargaan WPT berturut-turut 5 (lima) kali," bebernya. 


Selain itu, menerima piagam penghargaan kabupaten terbaik kedua di Provinsi Jambi yang dinilai sukses dalam pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan dana desa tahun 2021 dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia. 


"Selanjutnya  menerima penghargaan dari Kementrian Hukum dan HAM atas peran dan dukungan dalam penyediaan tanah dan bangunan beserta sertifikat hak milik sebagai barang milik negara kementrian hukum dan HAM untuk unit layanan Paspor Muaro Jambi," tuturnya. 


Dikatakan Masnah, capaian-capaian dalam penyelenggaraaan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan yang ddjelaskan dalam LKPH ini sesungguhnya merupakan kinerja bersama antara eksekutif dan legislatif. 


"Karena prosedur yang berlaku sesuai norma yang telah disepakati dan dijalani bersama sebagaimana tertuang dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten Muaro Jambi, secara jujur dan sangat disadari bahwa masih terdapat kekurangan yang harus segera diatasi dan dibenahi bersama," ungkapnya. 


Sementara itu, tantangan dan permasalahan yang terjadi selama kurun waktu 2021, merupakan bagian dari proses pembangunan yang perlu terus untuk diselesaikan, sehingga di masa mendatang perwujudan visi dan misi kabupaten Muaro Jambi dapat lebih berkualitas 


"Sekaligus merupakan lesson learned bagi berbagai pihak sebagai upaya cepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Muaro Jambi," katanya. 


Berdasarkan capaian dan tantangan pelaksanaan pembangunan tahun 2021, untuk lebih meningkatkan kinerja pembangunan pemerintah kabupaten tahun 2022, diperlukan hal penting diantaranya pentingnya membangun koordinasi yang efektif, antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemerintah kabupaten Muaro Jambi serta pemerintah pusat dalam pelaksanaan pembangunan. 


Lalu diperlukan perencanaan dan penganggaran serta pelaksanaan pembangunan yang terintegrasi guna mencapai efektifitas dan efisiensi pelaksanaan program sasaran dan manfaat sehingga pembangunan lebih cepat tercapai. 


"Kemudian memacu pembangunan infrastruktur dan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan," jelasnya. 


Selanjutnya, mempunyai strategi peningkatan sumber daya aparatur yang handal di lingkup pemerintah kabupaten muaro jambi agar kinerjanya semakin baik. 


"Keberhasilan pelaksanaan kegiatan pembangunan Kabupaten Muaro Jambi tahun 2021 merupakan tahapan penting dan strategis dalam pembangunan kabupaten Muaro Jambi secara keseluruhan. oleh karena itu, dukungan dan kerjasama yang baik dan konstruktif perlu terus dilaksanakan guna mewujudkan visi misi pemerintah yang berorientasi pada pelayanan publik," tukasnya. (*/Dg)