Al Haris : Pers Telah Berkontribusi Besar Dalam Sejarah Perjalanan Bangsa -->
Cari Berita

GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Al Haris : Pers Telah Berkontribusi Besar Dalam Sejarah Perjalanan Bangsa

tuntas.co.id

Al Haris : Pers Telah Berkontribusi Besar Dalam Sejarah Perjalanan Bangsa
Ist

TUNTAS.CO.ID_JAMBI – Pemerintah dan masyarakat memerlukan kehadiran pers dalam menyikapi isu-isu yang berkembang dan mengontrol membantu klarifikasi setiap isu yang beredar serta ikut mensosialisasikan mengenai layanan publik.


Hal ini dikemukakan Al Haris pada acara Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022 dan Pelepasan Kontingen Jambi ke HPN Tingkat Nasional ke Kendari, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (05/02/2022).


HPN Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022 kali ini mengangkat tema "Bersama Pers yang Inovatif Pulihkan Ekonomi Jambi".


Menurut Haris, dalam sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia, pers memiliki kontribusi besar termasuk dalam perjuangan kemerdekaan. Pers telah banyak memproduksi berita dan memberikan informasi untuk berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.


“Pers merupakan salah satu pilar dalam pembangunan nasional, yang turut berkontribusi dalam pembangunan, peran pers tidaklah bisa dipisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara karena pers lahir, dari sebuah bangsa yang besar, maka lahirlah sejarah perjuangan pers. Seiring dengan perkembangan zaman, maka pers terus menapakan dirinya, mengiringi setiap langkah pembangunan bangsa ini juga di Provinsi Jambi yang terus berkembang dari masa kemasa," ungkap Haris.


Al Haris menuturkan, pers juga penyumbang terbesar dalam membangun bangsa diri sisi media, banyak isu isu negeri ini yang tidak mungkin terselesaikan tanpa adanya pers. Pada saat pandemic covid-19 melanda Indonesia termasuk Provinsi Jambi, dengan adanya pers masyarakat dengan cepat mengetahui perkembangan pandemi ini, juga terlibat langsung membantu dalam penangulangannya.


Peranan pers luar biasa sangat terukur dalam membantu bangsa, sehingga pemerintah tidak bisa terlepas dari pers, dimana pers selalu hadir pada setiap event-event apapun. 


"Saya selalu bilang, kalau ada pemimpin yang alergi sama wartawan, pemimpin itu yang salah, karena wartawanlah negeri ini bisa besar, tokoh itu besar, kalau memang ada wartawan yang mengkritisi, saya sangat setuju, karena banyak info info penting kita tahu dari rekan media, sewaktu dia bertanya," tutur Al Haris.


“Saya mengharapkan pers terus memberikan kritik, saran, dan gagasan yang konstruktif dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Jurnalis terbaik bukanlah tanpa salah, tetapi melakukan koreksi tanpa lelah," lanjut Haris.


Lebih lanjut,  Haris menyampaikan, saat pandemi, pers tetap bekerja dan menjadi garis terdepan dalam setiap pemberitaan. “Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena membantu pemerintah mengedukasi masyarakat menerapkan protokol kesehatan dan turut mendorong vaksinasi, serta membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi yang benar dan tepat, "ujar Al Haris.


Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi, Ridwan Agus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi Al Haris, yang telah bersedia menyempatkan waktu dan menyediakan tempat untuk pelaksanaan HPN Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jambi.


Ridwan Agus juga berterima kasih kepada Gubernur Jambi yang telah banyak membantu kontingen PWI Provinsi Jambi untuk berangkat menghadiri puncak peringatan HPN 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara. 


Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur, awalnya kami hanya 18 orang yang bisa berangkat, tetapi akhirnya bisa 25 orang yang berangkat berkat Bapak Gubernur, pungkas Ridwan Agus.


Adapun Penerima PWI Jambi Award 2022 berdasarkan dengan Keputusan tentang Penetapan Penerima PWI Jambi Award 2022, Nomor, 007/PWI Jambi/2022 adalah Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hesti Haris.


Selanjutnya, Wakil Walikota Jambi, Maulana, Kakanwil Kemenkumham Jambi, Jahari Sitepu mantan Kapolda Jambi, Bambang Soeparsono, Dirut Bank 9 Jambi, Yunsak El Halcon terakhir Ketua KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan.


Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi juga secara langsung menyerahkan penghargaan kepada perusahaan pers yang telah membantu menyebarkan informasi dan melakukan penanganan pandemi covid-19 di Provinsi Jambi. (*/Sul)