Wabup Muarojambi Hadiri Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmaa Sengeti -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Wabup Muarojambi Hadiri Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmaa Sengeti

tuntas.co.id

MUAROJAMBI - Wakil Bupati Muarojambi Bambang Bayu Suseno, hadiri Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Sengeti Ilir, Kelurahan Sengeti, Kabupaten Muarojambi, Kamis (14/1/21).

Selain itu, Wabup BBS juga menjadi salah satu peserta vaksinasi tahap pertama. Bersama para Anggota DPRD Kabupaten Muarojambi, Kepala Kajari Muarojambi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi, Jajaran Forkompimda, Kepala Puskesmas Sekernan Ilir, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Muarojambi, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Muarojambi, dan Para Relawan serta Pasien Vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Muarojambi, Yes Isman, dalam sambutannya melaporkan, setelah pencanangan, vaksinasi Covid-19 dilakukan sebanyak tiga tahap. Tahap pertama dilakukan secara serentak pada Tanggal 15 Januari 2021 di seluruh Indonesia terhadap pimpinan pejabat publik, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

“Tahap kedua dilakukan untuk aparatur negara, TNI, Polri, Tenaga Kesehatan, pelayan masyarakat lainnya, dan pelaku ekonomi. Tahap ketiga dilakukan kepada masyarakat umum. Seluruh tahapan akan berakhir pada November 2021.

Lebih lanjut Kadis Kesehatan Muarojambi menjelaskan, bahwa vaksinasi bertujuan mengurangi transmisi penularan, menurunkan angka sakit dan kematian, serta memperoleh kekebalan kelompok dari Virus Covid-19.

Dirinya juga menambahkan bahwa masyarakat yang sudah divaksin sebanyak 70% sudah menjamin kekebalan kelompok, sehingga virus sulit berkembang dan melindungi masyarakat dari Covid-19.

“Pelaksanaan Pencanangan ini, bertujuan mengedukasi masyarakat bahwa vaksinasi ini aman, dapat dilaksanakan nantinya diberi sebanyak dua dosis, dosis pertama dimulai hari ini, dosis kedua diberikan setelah dua minggu kemudian. Apabila diberikan dua dosis, insya Allah mendapat kekebalan yang maksimal, itu yang kita harapkan, mudah-mudahan pencanangan ini berjalan lancar, dan kami diwajibkan melaporkan, baik secara data maupun dokumentasi videonya”, ungkapnya menjelaskan.

Selanjutnya, Wakil Bupati Muarojambi dalam sampaiannya mengatakan, pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan bertujuan meminimalisir penyebaran pandemi yang mengganggu stabilitas ekonomi dan Kesehatan masyarakat.

BBS menyebutkan Pandemi Covid-19 sudah hampir setahun merebak di tengah-tengah masyarakat, Dirinya pun berharap Vaksinasi di Muarojambi berjalan lancer dan setelah vaksin diberikan dapat meredam serta menurunkan angka peningkatan kasus Covid-19.

“Hari ini dilaksanakan pencanangan vaksinasi. Tentunya ini bertujuan meminimalisir penyebaran pandemi yang memang mengganggu stabilitas ekonomi, kesehatan masyarakat, dan lain sebagainya. Hampir ulang tahun, hampir satu tahun Covid-19 ini. Mudah-mudahan kemajuan teknologi, vaksin ini dapat meredam, dapat menurunkan angka peningkatan kasus-kasus covid-19 ini. Saya berharap, mudah-mudahan kegiatan ini di Muaro Jambi berjalan baik, berjalan dengan lancar, dan tentunya, saya menitip pesan, screening juga orang-orang yang menjadi calon penerima vaksin, karna hal-hal terkait dengan kondisi-kondisi mereka para penerima. Tahap kedua ada lagi, kemudian tahap-tahap selanjutnya, mudah-mudahan tahun ini Covid-19 di Muarojambi dapat segera menurun”, harapnya.

Sebelum menutup penyampaiannya, Wabup BBS juga berharap kepada tenaga medis yang hadir, agar semangat dalam bekerja melayani masyarakat, memberikan vaksin Covid-19 secara serentak di seluruh fasilitas kesehatan. Dirinya pun mengajak sama-sama berdo’a dan mewujudkan penurunan tingkat penularan Covid-19.
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian vaksin kepada penerima yang telah terdaftar sebelumnya. Selanjutnya Wabup BBS memantau kesiapan alat dan fasilitas kesehatan di Puskesmas Sekernan Ilir.
 (Endang)