Bersihkan Direksi Pertamina dari Orang Bermasalah -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Bersihkan Direksi Pertamina dari Orang Bermasalah

tuntas.co.id

                                                                     Kantor pusat Pertamina. (Poto/Ist) 

Nasional, tuntas.co.id - Pertamina itu adalah BUMN paling strategis dan politis. Karena ia menguasai SDA migas yang menjadi hak negara dan bertanggung jawab terhadap distribusi BBM secara adil kesuluruh wilayah Indonesia. Jumlah karyawanya 13.700. Lingkup operasi seluruh Indonesia.


Artinya mengelola Pertamina tidak bisa main main. Kompetensi mereka harus benar benar qualified.  Sebagai bentuk kritik saya terhadap Pemerintah adalah menyoroti dua direktur pada Pertamina. Ini penting agar menjadi perhatian Jokowi. Yaitu direktur utama dan direktur SDM. Dua posisi ini penting sekali.


Dirut Pertamina.
Saat sekarang dirut Pertamina adalah Nicke Widyawati. Sebelumnya sejak 2014 hingga Juli 2017, Nicke sempat menjadi Direktur Perencanaan Korporat PLN. Setelah itu, dia digeser menjadi Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN hingga November 2017. Dia pernah diperiksa dua kali oleh KPK dalam kasus proyek Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang (PLTU) Riau 1. Tahun 2019 diperiksa Kejagung.  Hasil pemeriksaan Nicke Widyawati tidak bertanggung jawab dalam kasus (PLTU) Riau 1.


Dalam kasus ini ini, KPK sudah menjerat Eni Maulani Saragih, Idrus Marham, dan pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited Johannes Budisutrisno Kotjo. Pada pengembangan sebelumnya, KPK juga sudah menjerat pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal, Samin Tan.


Pertanyaan saya adalah apakah mungkin direktur Perencanaan tidak mengetahui kasus mega proyek yang melibatkan konglomerat kelas kakap? Tidak perlu orang pintar untuk mencurigainya. Pasti kekuatan besar di belakang Nicke. Siapa itu ? Kemudian Nicke di depan DPR membatah ada gugatan dari Mozambiek soal long term SPA Gas alam cair. Padahal surat gugatan itu disampaikan ke menteri ESDM. Bagaimana mungkin Dirut tidak tahu ada gugatan itu dan tidak paham resiko business terkait good governance. Dan secara tidak langsung dia menepis kecurigaan Ahok atas SPA tersebut. DPR diam.


Direktur SDM.
Februari 2021 Pertamina menempatkan M Erry Sugiharto sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina. Erry sebelumnya menjabat sebagai Direktur Human Capital & Legal PT Hutama Karya (Persero). Ia mengawali karier di perusahaan pelat merah yang bergerak dibidang konstruksi itu sejak 1999, hingga diangkat untuk mengisi posisi Direktur pada Juni 2020.


Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana mungkin orang tidak punya latar belakang MIGAS menjadi direktur SDM PERTAMINA. Padahal kekuatan PERTAMINA itu disamping asset adalah sumber daya manusia. SDM yang hebatlah yang bisa memastikan Pertamina bisa efisien dan jauh dari KKN. Sebagai Preskom Ahok tidak berdaya menghadang RUPS itu. Sepertinya posisi Erry sudah diplot secara politik, yang seorang preskom tidak berdaya. Siapa yang direction itu?


Pak Jokowi mohon agar masalah Pertamina ini dibenahi. Bersihkan direksi Pertamina dari orang bermasalah. Jauhkan semua intrik politik dalam menentukan direksi. Kalau engga, ini akan jadi mega scandal. Yang rusak bukan hanya Ahok tetapi juga  Bapak. Kami mencintai bapak dan berharap bapak kuat menghadapi tekanan politik dari orang terdekat bapak. Maafkan saya kalau kritik ini keras.

 (Red) 


Oleh : Erizeli Bandaro dengan judul : Bersihkan Pertamina
( Kritik Ekonomi dan bisnis)