JK: New Normal Itu Hidup Waspada -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

JK: New Normal Itu Hidup Waspada

tuntas.co.id



TUNTAS.CO.ID – Now normal atau kenormalan baru adalah sesuatu yang positif. Mantan Wapres Jusuf Kalla, mengatakan bahwa new normal merupakan suatu harapan di tengah pandemi Covid-19.

“New normal (kenormalan baru) itu harapan. Bukan sesuatu yang rumit amat,” ujar JK dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju di Jakarta, Sabtu (30/5), seperti dikutip republika.co.id.

Ia mengatakan begitu banyak perubahan setelah terjadi pandemi Covid-19. Kerja, pendidikan, hingga ibadah, tidak lagi bisa seleluasa dulu. Warga terpaksa beradaptasi dengan keadaan dan membentuk kebiasaan baru untuk mencegah penularan virus dan berusaha untuk tetap produktif.

Dalam situasi new normal, orang bisa kembali ke aktifitas awal. Hanya saja dengan sejumlah penyesuaian dan melakukan kebiasaan baru.

“Jadi bukan kita ingin hidup berdampingan (dengan Covid-19), tapi hidup dengan waspada,” kata Ketua Umum Palang Merah Indonesia itu.

Ia mengatakan proses menuju new normal tidak bisa serentak. Karena kondisi di setiap pulau dan daerah, juga berbeda-beda. “Penerapan di Jakata, Surabaya, tentu akan berbeda dengan daerah lain yang jauh lebih aman,” kata JK. (mm)