Maju Pilgub Jambi 2020? H Bakri: Insya Allah -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Maju Pilgub Jambi 2020? H Bakri: Insya Allah

tuntas.co.id


Haji Bakri | ist

JAMBI, TUNTAS.CO.ID – Alm H Zulkifli Nurdin (ZN) dua periode menjabat Gubernur Jambi. Anaknya, Zumi Zola, juga berhasil memenangkan pilgub Jambi, 2015 lalu. Namun akhirnya Zola harus mendekam dalam penjara setelah terjerat dalam kasus korupsi dan suap.

Belakangan nyaris tidak ada kader murni Partai Amanat Nasional (PAN) yang diunggulkan bakal maju di pilgub Jambi 2020 nanti. Bahkan H Bakri, Ketua DPW PAN Provinsi Jambi yang sudah berkali-kali sukses menjadi anggota DPR RI, sejauh ini belum berani memastikan akan maju atau tidak menjadi cagub Jambi.

“Insya Allah (maju),” jawab Bakri singkat ketika ditanya wartawan mengenai kemungkinan ia berkontestasi, Sabtu (24/8).

Sumber tuntas.co.id di lingkaran dekatnya, mengatakan H Bakri masih menimbang-nimbang. Bisa saja Bakri maju sendiri atau malah mengusung salah satu dari beberapa nama yang sejauh ini sudah banyak disebut bakal maju.

“Masih nimbang-nimbang beliau. Kalau tidak harus mundur dari DPR RI, mungkin pasti maju. Tapi kalau harus mundur, kemungkinan besar tidak (maju). Bisa saja nanti ngusung Haris (Al Haris, Bupati Merangin),”katanya.

Dari internal PAN, Bakri sejatinya tidaklah kekurangan dukungan. Ketua Majelis Pembina DPW PAN Provinsi Jambi, Chairul Naim, mengatakan PAN tidak ingin jadi penonton di pilgub tahun depan. Ia mendorong H Bakri untuk maju sebagai calon gubernur.

Bahkan Chairul Naim mengatakan tidak mau hanya sekedar menjadi nomor dua atau mengusung calon wakil gubernur. Dengan tujuh kursi di DPRD Provinsi Jambi hasil pemilu legislatif 2019, ia katakan PAN harus mengusung kader murni untuk calon gubernur.

“H Bakri kita usung. (PAN) tidak mau nomor dua, apalagi hanya jadi penonton. Nomor satu,” katanya.

Sejauh ini, beberapa nama sudah mencuat untuk maju di pilgub Jambi. Bupati Merangin Al Haris, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Wali Kota Sungaipenuh Asyafri Jaya Bakri (AJB), Bupati Sarolangun Cek Endra, hingga Kapolda Jambi Irjen Muchlis.(mm)