Jokowi Pastikan Ibu Kota Negara akan Pindah ke Kalimantan -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Jokowi Pastikan Ibu Kota Negara akan Pindah ke Kalimantan

tuntas.co.id



JAKARTA, TUNTAS.CO.ID - Ibu kota negara Indonesia dipastikan pindah ke Kalimantan. Presiden Joko Widodo mengatakan tiga provinsi dipertimbangkan menjadi ibu kota RI pengganti Jakarta.

Melalui akun Instagram-nya @jokowi, Kamis (8/8), ia menuliskan rencana pemindahan ibu kota yang sejatinya sudah digagas sejak era Soekarno ini. Berikut tulisan lengkap Jokowi.

Selamat siang. Ibu kota negara kita akan pindah. Letaknya di Pulau Kalimantan. Di mana pastinya, sejauh ini telah mengerucut ke salah satu provinsi: bisa di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Segala aspek dalam proses pemindahan itu -- skema pembiayaan, desain kelembagaan, payung hukum regulasi mengenai pemindahan ibu kota -- sedang dikaji secara mendalam dan detail, sehingga keputusan nanti benar dalam visi ke depan kita.

Pengalaman negara-negara lain dalam pemindahan ibu kota juga dipelajari untuk kita antisipasi hambatannya. Sebaliknya, faktor-faktor kunci keberhasilan yang bisa kita adopsi, kita adaptasi.

Dalam memutuskan pemindahan ibu kota ini, posisi saya bukan sebagai kepala pemerintahan, tetapi sebagai kepala negara. Kita harus melihat visi besar berbangsa dan bernegara untuk 10 tahun, 50 tahun, 100 tahun yang akan datang.(mm)