Di Bawah Pelatih Asal Indonesia, Timnas Timor Leste 'Menggila' di Piala AFF, Warning untuk Indonesia -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Di Bawah Pelatih Asal Indonesia, Timnas Timor Leste 'Menggila' di Piala AFF, Warning untuk Indonesia

tuntas.co.id



TUNTAS.CO.ID - Tim Nasional Timor Leste menggila di pertandingan pertama Piala AFF kelompok usia 18 tahun di Vietnam.

Timor Leste menggasak Timnas Brunai Darussalam dengan skor mencolok 7-2. 

Kemenangan Timor Leste dengan akor besar itu membuat pecinta sepakbola Asia Tenggara terperangah atas kebangkitan sepakbola Timor Leste.

Setelah ditelisik lebih dalam, ternyata Timnas Timor Leste U-18 dilatih oleh pelatih asal Indonesia, Andy Susanto.

Hari ini Kamis (8/8/2019), Timor Leste akan berhadapan dengan Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala AFF U-18 di Vietnam.

Pelatih Tim Pra PON Jatim 2019, Ruddy Keltjes mengingatkan Timnas Indonesia untuk wasoada. 

"Andy Susanto pasti tahu bagaimana cara menghadapi Indonesia karena dia juga orang asli dari Indonesia. Inilah yang akan membuat pertandingan nanti menarik. Sebagai seorang profesional, Andy Susanto tentu ingin menunjukkan kualitas sebagai pelatih yang mumpuni bagi Timor Leste," ujar Ruddy Keltjes.

Sepak bola Timor Leste memang sedang memasuki fase kebangkitan di level kelompok umur. Kiprah Timnas Timor Leste U-15 yang tampil mengejutkan di Piala AFF U-15 2019 jadi bukti sahih. 

Pertemuan Timnas Indonesia U15 dengan Timor Leste U-15 yang berakhir imbang 1-1 di Chonburi, Thailand, bisa dijadikan pelajaran bagi pelatih Timnas U-18 Fakhri Husaini.

"Dalam Piala AFF tahun ini sepak bola Timor Leste menunjukkan kemajuan yang signifikan. Jika mereka bisa menahan imbang Timnas Indonesia U-15, tentu ini peringatan agar anak asuh Fakhri Husaini tak boleh lengah," lanjut Ruddy Keltjes.

Kemenangan Timor Leste atas Brunei Darusalam 7-2 pada partai perdana mereka di Piala AFF U-18 2019 menjadi bukti lain mereka patut diperhitungkan.

 "Skor sebesar itu pasti dilakukan oleh tim yang bagus permainannya. Ini bukan soal Brunei Darussalam yang lebih lemah, tapi ini untuk kewaspadaan Timnas Indonesia U-18. Mereka harus bekerja keras saat melawan Timor Leste," katanya. (*)