Tidak Boleh Lagi Dilakukan Penambahan Guru Honorer -->
Cari Berita

Tidak Boleh Lagi Dilakukan Penambahan Guru Honorer

tuntas.co.id



JAKARTA, TUNTAS.CO.ID - Pemerintah akan fokus menyelesaikan guru honorer yang ada. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan tidak ada lagi pengangkatan guru honorer.

"Pak MenPAN juga sudah menyampaikan supaya tidak ada lagi pengangkatan guru honorer, yang ada ini mau kita selesaikan," ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (31/7).

Ia mengatakan dipersiapkan tiga skema pengangkatan guru. Pertama untuk menuntaskan guru honorer, kedua untuk mengganti guru yang masa pensiunnya akan berakhir, dan ketiga untuk menambah atau mengangkat guru dikarenakan adanya penambahan jumlah sekolah.

Masa pensiun guru juga diusulkan diperpanjang sembari menunggu pengangkatan ASN yang tetap. Untuk hal ini penegasannya akan dibuatkan dalam bentuk surat edaran bersama Mendikbud dan Mendagri.

"Untuk itu, nanti kalau ada yang masih nekat mereka tentu saja akan kita beri sanksi. Hal itu dikarenakan guru pensiun kan 60 tahun, saya kira kalau masih segar bugar masih bisa bertahan sampai 5 tahun, sehingga kita memberi kesempatan sampai tahun 2024 kami berjanji akan berusaha untuk akan menuntaskan masalah guru honorer,” jelasnya.

Ia katakan, rekrutmen akan dilakukan secara bertahap hingga pada tahun 2024. Sehingga dapat menuntaskan sekitar 700.000 lebih guru yang sekarang masih berstatus honorer.(mm)