Menjunjung Toleransi di Tengah Akulturasi Budaya, Ansor dan Banser Sangat Berkembang di Kecamatan Singkut -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Menjunjung Toleransi di Tengah Akulturasi Budaya, Ansor dan Banser Sangat Berkembang di Kecamatan Singkut

tuntas.co.id


TUNTAS.CO.ID, Sarolangun - Kecamatan Singkut, wilayah ini menjadi pagar antara Jambi dan Sumatera Selatan, layaknya wilayah perbatasan, di sini terjadi akulturasi budaya, baik dari suku kedua belah daerah, maupun para pendatang.

Kehidupan harmonis antar suku dan agama menjadi ciri di kecamatan tersebut, sehingga daerah ini dikenal sebagai daerah yang sangat toleran.

Di tengah hiruk pikuk Singkut sebagai kecamatan yang cukup maju di Provinsi Jambi, geliat organisasi kepemudaan nya juga sangat baik.

Terutama organisasi-organisasi yang mengedepankan toleransi sebagai dasar berpikir.

Satu di antaranya Ansor dan Banser, organisasi di bawah payung Nahdlatul Ulama ini sangat berkembang di Singkut, kaderisasi mereka berjalan sangat baik.

Dalam setahun, kaderisasi terhadap Banser dan Ansor sangat rutin dilakukan.

"Ini sebagai upaya kita menanamkan nilai Aswaja terhadap anak muda, dan memberi peran ke anak-anak muda ini ikut berpartisipasi lebih untuk masyarakat lewat Banser dan Ansor," kata Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Kecamatan Singkut, Kamis (2/5/2019).

Sejak Rabu kemarin, Ansor Singkut sedang menggelar Diklat Terpadu Dasar (DTD) Banser. Rencananya DTD akan selesai pada akhir pekan ini. (kie)