Pertunjukkan Terjun Payung Akan Dilakukan di Tanjabbar oleh TNI AL -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Pertunjukkan Terjun Payung Akan Dilakukan di Tanjabbar oleh TNI AL

tuntas.co.id


TUNTAS.CO.ID, Tanjabbar - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial menghadiri pembukaan Loka Karya pelatihan masyarakat maritim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan gambut, yang dibuka oleh Kepala Dinas Pembinaan Potensial Maritim Markas Besar Angkatan Laut di Gedung Balai Pertemuan Kantor Bupati, Senin (16/04).

Workshop ini merupakan salah satu rangkaian acara yang akan berlangsung sampai 19 april 2018. Setelah workshop ini akan ada pelatihan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan gambut yang rencananya akan digelar di Muntialo. Selain itu akan ada juga pertunjukan terjun payung oleh TNI AL di lapangan Bola Bakti Karya yang di laksanakan pada tgl 18 s/d 19 april 2018.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, berdasarkan data yang terpantau dari satelit pada tahun 2017, di Kabupaten Tanjung Jabung Barat terdapat 35 hotspot, dan 20 kejadian kebakaran hutan dan lahan seluas 52,13 Ha. 

Kedepannya Bupati berharap tidak ada lagi pembukaan lahan sebagai usaha budidaya maupun non budidaya tidak lagi dilakukan dengan pembakaran guna mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan.

"Pencegahan dan penanggulangan bencana merupakan bagian integral pembangunan Indonesia, termasuk kebakaran lahan dan hutan dan lahan yang mana akibat kebakaran hutan tidak mengenal batas negara," ujar Bupati.

"Di samping itu pada bulan Agustus 2018 nanti Indonesia akan menyelenggarakan pesta olahraga Asia, maka kewaspadaan, kesigapan, dan penanggulangan harus ditingkatkan," tambahnya.

Bupati berpesan kepada peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan dengan cermat dan seksama serta keinginan besar untuk ikut serta dalam mensukseskan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pembinaan Potensial Maritim Brigjen TNI marinir Bambang Sutrisno dalam sambutannya mengatakan kebakaran hutan memang telah menjadi krisis yang serius di Indonesia. Meskipun bencana kebakaran terhitung menurun, tapi upaya pencegahan harus tetap dilakukan.

Turut hadir pada acara pembukaan pelatihan, Forkopimda, Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten Sekda, Kepala OPD, dan Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah, serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (**)

Reporter : Anto