Padi Tadah Sawah Hujan Pertama di Tanjabbar Dipanen

 


TUNTAS.CO.ID, Tanjabbar - Di Kecamatan Batang Asam, Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS bersama jajaran dan Forkompinda secara serentak melakukan panen  perdana padi sawah tadah hujan Rabu,(17/1/18).

Kemudian dilanjutkan dengan menjalankan mesin combine harvester ukuran sedang bantuan APBN Pusat Direktorat Jendral Tanaman pangan kementrian Pertanian   di areal persawahan padi yang akan dipanen.

Bupati dalam sambutannya, mengapresiasi hasil  panen padi tadah hujan yang telah dilakukan oleh petani, dengan harapan kedepan dapat ditingkatkan lagi hasilnya dan dapat menguntungkan bagi masyarakat.

Dengan dilaksanakan Panen Perdana ini diharapkan bisa memacu semangat semua untuk membangun pertanian Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang lebih baik lagi, sehingga keinginan pemerintah dan keinginan kita semua bisa terwujud untuk Indonesia Swasembada beras bisa terwujud.

Dalam laporan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Ir. Zainuddin mengatakan upaya Pemerintah Daerah maupun pamerintah pusat dalam rangka meningkatkan produksi padi dalam menyongsong swasembada beras hingga kini terus dilakukan.

Praktiknya mulai dari kegiatan pemberdayaan benih  (balai benih teluk nilau), perluasan areal tanam padi, perlindungan tanaman, pembangunan sarana prasarana pertanian, pelatihan, pengembangan teknologi dan inovasi intensivikasi, bantuan alsintan, subsidi benih.

Kemudian ada juga fasilitas sarana produksi budidaya padi hibrida , cetak sawah,jaringan irigasi, optimalisasi lahan , kartu tani subsidi asuransi usaha tani hinggaprogram upsus pajale.

Dandim 0419/Tanjab Letkol Harry Sassono, turut juga menyampaikan  laporannya, ia mengapresiasi yang tinggi keberhasilan petani dalam panen padi bersama para petani di Desa Tanjung Bojo Kecamatan Batang Asam pada hari ini.

Sekaligus apresiasi kepada anggota kelompok tani usaha baru desa Tanjung Bajo yang telah berhasil melakukan panen perdana di awal bulan januari 2018, ujarnya. (**)

Reporter: Anto

Tidak ada komentar:
Write comments