Gemuruh Kata Siap Banser-Ansor Saat Mendapat Arahan Gus Yaqut di Kota Jambi -->
Cari Berita

Gemuruh Kata Siap Banser-Ansor Saat Mendapat Arahan Gus Yaqut di Kota Jambi

tuntas.co.id

Ketua Umum PP GP Ansor H. Yaqut Cholil Qoumas saat memberi arahan kepada kader Ansor dan Banser di Kota Jambi.


JAMBI, TUNTAS.CO.ID- Ratusan kader Ansor dan Banser berkumpul di Gedung Putih Grand Kemas, Kota Jambi, Senin (7/8/2023). Yel-yel dan senandung gemuruh semangat para kader Ansor dan Banser menggema di dalam bangunan megah berwarna putih dengan corak klasik itu.


Praktis tak ada satupun dari 300 kursi yang disiapkan panitia kosong, bahkan lebih banyak lagi kader-kader muda NU yang berdiri di bagian belakang deretan kursi, hingga tumpah ke pelataran gedung.


Hanya ada dua warna yang mendominasi ruangan itu, warna corak khas dari PDL Banser, kemudian warna hijau khas dari jas Kader Ansor.


Kader Banser


Mereka berkumpul dalam agenda Silaturahim dan Konsolidasi Kader, bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, H. Yaqut Kholil Qaumas atau akrab disapa oleh kader NU, Gus Yaqut.


Gus Yaqut berdiri di podium dengan pendampingan gagah dari dua Provos Banser. Dari atas podium, pria yang juga menjabat sebagai Menteri Agama RI itu memberi semangat penuh untuk kader Ansor-Banser Provinsi Jambi.


“Ansor bukan organisasi politik, tapi pada saat Ansor memanggil, maka kita sebagai kader harus siap,” kata Gus Yaqut disambut gemuruh teriak ‘Siap’ dari kader Ansor-Banser.


Ketua PW GP Ansor Provinsi Jambi, H Abdul Kharis Ma’mun memberi kata sambutan.


Kemudian Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Provinsi Jambi, Abdul Kharis Ma’mun menyampaikan, selain konsolidasi dan silaturahim, PW GP Ansor Jambi juga melakukan Rapat Koordinasi bersama Pimpinan Cabang GP Ansor se Provinsi Jambi.


Dalam Rakor tersebut dibahas beberapa agenda paling dekat Ansor, di antaranya akreditasi PC Ansor se Provinsi Jambi. 


“Di Ansor ada klaster cabang, dengan ketentuan khusus yang harus dipenuhi, mulai dari jumlah kader, keaktifan kaderisasi hingga kegiatan keagamaan,” kata pria akrab disapa Sofiwi tersebut.


Lalu Ketua Panitia kegiatan, Habibi menyebut agenda akbar ini menjadi bagian penting dari proses membangun kebersamaan antar kader.


“Kedepan ada banyak sekali agenda formal maupun non formal yang akan dilakukan kader, maka untuk menyamakan cara pandang, perlu dilakukan konsolidasi dan koordinasi seperti yang dilakukan sekarang,” kata Habibi.


Selama dua hari di Jambi, Gus Yaqut melakukan beberapa kegitan, selain konsolidasi dengan Kader Ansor-Banser, Gus Yaqut juga menghadiri kegita wisuda di UIN STS Jambi, Selasa (8/8/2023). (*)