Tokoh-tokoh Muda Bugis hingga NU Yakin Awang Azhari Bisa Diandalkan di DPRD Provinsi Jambi -->
Cari Berita

Tokoh-tokoh Muda Bugis hingga NU Yakin Awang Azhari Bisa Diandalkan di DPRD Provinsi Jambi

tuntas.co.id

Awang Azhari saat menjadi pembicara dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di UIN STS Jambi | ist


JAMBI, TUNTAS.CO.ID - Eskalasi politik jelang pemilu 2024 sudah mulai meningkat, terutama terkait dengan proses pemilihan calon anggota legislatif.


Di Jambi beberapa anak muda ikut maju menjadi bakal calon anggota legislatif, di antaranya tokoh muda NU Provinsi Jambi, Awang Azhari.


Pengurus Pimpinan Wilayah GP Ansor Provinsi Jambi ini maju menjadi bakal calon anggota legislatif untuk DPRD Provinsi Jambi Dapil Tanjabbar-Tanjabtim dari Partai Nasdem.


Sejauh ini, pria akrab dipanggil Awang tersebut aktif di dunia usaha dan kegiatan sosial kepemudaan. 


Dukungan kepada Awang untuk menjadi Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Tanjabbar dan Tanjabtim datang dari berbagai kalangan. Di antaranya tokoh-tokoh pemuda Bugis asal Tanjung Jabung Timur.


Mantan Ketua Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan (IKAMI-Sulsel) Jambi, Kaharuddin mengatakan, Awang Azhari layak mewakili masyarakat Tanjabbar-Tanjabtim, karena sangat mengenal karakteristik dan problematika yang ada di wilayah timur Jambi tersebut.


“Terlebih sebelum berwirausaha seperti sekarang, Sahabat Awang lama menjadi mentor mahasiswa Jambi dalam urusan advokasi, sehingga layak masuk ke parlemen, akan sangat mewakili dan menjawab kebutuhan masyarakat Tanjabbar-Tanjabtim,” kata pria asal Nipah Panjang Tanjabtim ini.


Sementara Tokoh Muda Bugis asal Kampung Laut, Dedi Nurdin yang juga merupakan pegiat Aktivis Lingkungan mengatakan, kapasitas Awang Azhari untuk menjadi wakil rakyat tidak akan diragukan.


“Banyak hal yang bisa kita diskusikan dengan Awang Azhari jika ia duduk di DPRD, karena kita butuh anggota dewan yang memiliki dasar dari aktivis. Lihat di DPR RI, yang memiliki peran besar itu mantan-mantan aktivis semua, mulai dari Willy di Nasdem, ada Adian di PDIP, Fahri Hamzah, Almarhum Desmon, Budiman Sujatmiko, mereka semua bisa berbuat banyak di legislatif,” jelasnya.


Hal tersebut di-iyakan pula oleh sepuh Pemuda Bugis Provinsi Jambi, Habibi, pria yang juga menjabat sebagai Pimpinan Wilayah GP Ansor Provinsi Jambi itu menyebut kehadiran Awang Azhari di Dapil Tanjabbar-Tanjabtim selain mewakili anak muda NU, juga mewakili seluruh agenda anak muda yang berkepentingan untuk melihat program pemerintah menyentuh kebutuhan dasar masyarakat.


“Saya tau persis Awang Azhari akan mampu melihat kebutuhan dasar masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur hingga lapangan kerja. Saya yakin dia bisa memperjuangkan itu di DPRD Provinsi Jambi,” kata pria asal Tanjabtim tersebut.


Kemudian Tokoh Muda Bugis yang juga pengusaha properti, Andri Mustari, mengatakan ia sudah sangat lama kenal dengan Awang Azhari, bahkan sejak 2008.


“Sehingga saya tahu persis kapasitasnya. Terlebih dia juga rutin melakukan komunikasi dengan anak-anak muda asal Tanjabbar dan Tanjabtim, sehingga permasalahan dasar di dua kabupaten ini bisa terpetakan,” kata Andri.


“Kalau bicara apakah dia bakal mampu membawa program dari APBD Provinsi Jambi ke Tanjabbar dan Tanjabtim, saya sangat yakin pasti Sahabat Awang bisa,” sambungnya. 


Support kepada Awang Azhari juga datang dari tokoh-tokoh muda Nahdlatul Ulama di Tanjabbar, di antaranya Ketua PC GP Ansor Tanjabbar, Thobroni.


Menurut Thobroni, hadirnya Awang Azhari di Pileg 2024 membuatnya lega, karena ada orang yang potensial dan memiliki kapasitas untuk mengemban amanah sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi.


“Kita kan butuh orang yang berani bersuara, bisa membawa program untuk masyarakat, bisa kita hubungi kapan saja,” jelas pria yang juga menjabat sebagai kepala desa tersebut. 


 • PROFIL


Awang Azhari, namanya dikenal di kalangan pemuda Jambi sejak ia menjabat sebagai Presiden Mahasiswa UIN/IAIN STS Jambi pada 2010-2012, jabatan yang juga pernah diemban oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi kini, Edi Purwanto di era 2000-an. Selain itu, selama mahasiswa, Awang Azhari juga aktif di kepengurusan PMII Cabang Kota Jambi. 


Kemudian selepas dari kampus pria kelahiran 1989 ini bekerja di Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur, sebagai perwakilan dari Tribun Jambi, hingga menikah selama berada di darah timur Jambi tersebut. 


Kemudian ia kini melanjutkan karier di bidang usaha, terutama kontruksi, pertanian hingga media massa. 


Di luar itu, saat ini Awang Azhari juga aktif di organisasi kepemudaan di antaranya menjadi Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Jambi. (*)