Putusan Sidang Oleh Pengadilan Negeri Tungka lNahkoda divonis Lima Bulan, Agen Sebut Gagal Faham Hukum. -->
Cari Berita

Putusan Sidang Oleh Pengadilan Negeri Tungka lNahkoda divonis Lima Bulan, Agen Sebut Gagal Faham Hukum.

tuntas.co.id

Putusan Sidang Oleh Pengadilan Negeri Tungka lNahkoda divonis Lima Bulan, Agen Sebut Gagal Faham Hukum.
Ist


TANJAB BARAT_TUNTAS.CO.ID – Pada berita sebelumnya. M Taufik Ale Hasibuan Kapten Kapal atau nahkoda kapal Dabo 103 menjadi tahanan negara selama lima bulan kurungan penjara. Dirinya diduga kuat ditahan berdasarkan asumsi. Lantaran kapal yang dinahkodainyya diduga membuat kabel jaringan bawah laut milik palapa ring Barat putus. Sehingga M Taufik didakwa dengan tiga dakwaan sekaligus dan mendapat tuntutan hukuman penjara selama dua tahun.


Namun dua dari tiga dakwaanJaksa Penuntut Umum (JPU) tidak terpenuhi atau tidak terbukti. Antaranya putusnya kabel, yang menyebabkan gangguan elektromagnetik. Serta peta navigasi. Sehingga M Taufik didakwa dengan dakwaan ketiga. Yaitu perbaikan kapal tanpa pemberitahuan kepada pihak Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan. Dengan vonis selama lima bulan kurungan penjara.


Mengingat M Taufik, sudah menjalani masa tahanan selama lima bulan kurungan penjara. Tidak menutup kemungkinan akan segera bebas. Karena pada putusan Majelis hakim di persidangan Pengadilan Negeri Kuala Tungkal, Jumat (9/6/23) Kemarin

menyebutkan, akan dipotong atau dikurangi masa penahanan selama persidangan.


M Taufik, saat dijumpai awak media, usai menjalani persidangan (9/6/23) terlihat sedikit kecewa. Namun dirinya tetap menghormati putusan majelis hakim.


"Memang kita kecewa, tetapi kita akan pikir pikir dulu bersama kuasa hukum kita untuk langkah selanjutnya,"singktnya.


Sementara itu DR Hery Firmansyah Yasin selaku kuasa hukum terdakwa beserta tim yang terdiri dari Alwalit Muhammad, Nessya Monica dan Herman dari Kantor Hukum Firmansyah Yasin&Partners Law Firm berkedudukan di Jakarta menyatakan sikap menghormati semua putusan majelis hakim. Bahkan Alwalit Muhammad, yang mendampingi langsung selama sidang berlangsung, sependapat dengan teamnya.


"Kita hormati keputusan majelis hakim. Namun kita akan tetap berkoordinasi lebih lanjut dengan team kita di Jakarta. Apakah kita pikir pikir dulu atau menerima sepenuhnya. Maupun langkah apa yang akan kita tempuh, nanti akan kita sampaikan setelah kita berkoordinasi dengan team. Karena sekarang ini masih ada waktu. Karena ini juga dakwaan alternatif,"  ungkapnya.


Sementara Abdul Rasad, Manajer Operasional PT. Pelayaran Nasional Bahtera Bestari Shipping. Sangat menyayangkan dengan adanya dakwa alternatif ketiga ini. Mengingat nahkoda kapal tidak melakukan kesalahan seperti yang didakwakan.


"Ya, kalau kita melakukan perbaikan di dalam atau di wilayah kolam pelabuhan. Seharusnya memang kita melapor ke KeSyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Sementara saat kapal kita bersandar aja, lokasinya berada di luar kolam pelabuhan," ungkapnya.


"Bahkan Pak Junaidi perwakilan dari pihak KSOP saat dihadirkan di persidangan sebelumnya, sudah menarik atau mencabut BAP nya, ini yang kita sayangkan dan kita pertanyakan juga sebenarnya," sambungnya.


Saat disinggung apakah pihaknya akan mengajukan gugatan atau tuntutan balik. Terkait kerugian yang diderita selama lima bulan tidak beroperasional. Dirinya mengatakan akan berkoordinasi dengan pimpinan di Jakarta.


"Nanti akan kita sampaikan, kita akan koordinasi dulu, begitu juga dengan pihak kuasa hukum kita," pungkasnya.


Lain halnya dengan Saut Manurung, Sebagai agen Perusahaan Pelayaran. Dirinya merasa kecewa dan terkesan tidak menerima putusan majelis hakim. Karena dianggap gagal faham.Mengingat masalah ini seharusnya menjadi ranah dar pihak KSOP.


"Kita tidak terima dengan putusan ini, ini yang disebut gagal faham. Seharusnya ini menjadi ranahnya KSOP. Kalau tidak bisa selesai dengan pihak KSOP, ada yang namanya Mahkamah Pelayaran. Begitulah prosedurnya, bukan langsung pihak Pol Airud hingga sampai ke Pengadilan Negeri. Kalau seperti ini, namanya gagal faham soal hukum," pungkasnya dengan penuh kekecewaan. (Anto)