PJ Bupati Sarolangun Hadiri Silahtuhrahmi Akbar, Forum Komunikasi Sebeghoyot Dusun Sarolangun -->
Cari Berita

PJ Bupati Sarolangun Hadiri Silahtuhrahmi Akbar, Forum Komunikasi Sebeghoyot Dusun Sarolangun

tuntas.co.id

PJ Bupati Sarolangun Hadiri Silahtuhrahmi Akbar, Forum Komunikasi Sebeghoyot Dusun Sarolangun
Ist


TUNTAS.CO.ID SAROLANGUN - Pergelaran Silatuhrahmi Akbar Forum Komunikasi Sebeghoyot Dusun Sarolangun (FKSDS), Kemarin Malam (05/06/2023) tepatnya dikelurahan dusun Sarolangun lingkungan Kampung masjid berlangsung sukses.


Tanpak hadir, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, ketua DPRD Sarolangun Tantowi Jauhari, beberapa anggota DPRD, seperti Padlan Arafiki, Abdul Basid, Yusup Helmi, dan H. Hurmin, selain itu juga hadir dari pihak Kapolres Sarolangun, Kodim Sarko 0420, Kejaksaan Sarolangun tidak itu saja, para tokoh masyarakat Sarolangun ikut serta menghadiri silatuhrahmi tersebut, seperti Ir.H.Endang Abdul Naser, Helmi, Syaipul, H.Muhammad, Camat Sarolangun, lurah dusun dan masih banyak tokoh masyarakat asli dusun Sarolangun lainya baik itu yang berada disarolangun maupun tokoh masyarakat dusun Sarolangun yang selama ini berdomisili diluar juga ikut menghadiri.


Ishak Juarsa, Ketua Panitia pelaksana Silahtuhrahmi Akbar FKSDS, didalam pidatonya ia sangat berterimakasih kepada para panitia sehingga terlaksananya acara perdana Sebeghoyot tersebut,  ia juga tidak lupa mengucap rasa terimakasihnya kepada seluruh donatur yang sudah ikut membantu dan memberikan dukungan.


"Terimakasih saya ucapkan kepada teman-teman panitia yang menjadi promotor acara ini, dan juga kepada adik-adik pemuda, para bapak-bapak dan ibu-ibu, yang terjun langsung membantu kami, sehingga acara ini berjalan dengan baik," pungkas Ishak.


Muhammad Saman, atau kerap dipanggil Aman.AB, Ketua Umum FKSDS, dalam sambutannya menceritakan kepada seluruh para tamu undangan yang hadir bahwa untuk menyatukan seluruh warga masyarakat asli Dusun Sarolangun ini sudah sejak lama dilakukan, hanya saja belum pernah terealisasikan.


" Saya sampaikan bahwa sejak tahun 1980 dulu, para pendahulu kita dulu sudah pernah ingin melakukan hal seperti ini, hanya saja sampai sekarang blm bisa dilakukan, dan insyaallah Sebeghoyot ini kedepan memang betul menjadi wadah pemersatu orang dusun asli Sarolangun hingga bergenerasi terus menerus." ujar Aman.


"Adapun tujuan dari Forum Komunikasi Sebeghoyot Dusun Sarolangun ini adalah membangkit batang terendam, meretas unak berjalan, menyatu batang yang melintang, bersuluh ditengah kelam betukat ditempat licinbapayung ditempat yang pasan, mengumpul yang terserak dan memungut yang talucia," Tutur aman menjelaskan tujuan FKSDS tersebut dengan mengunakan soloko adat Sarolangun.


Sementara itu, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, dikesempatannya, selain mengucapkan selamat atas terlaksananya Silahtuhrahmi akbar tersebut, ia juga sangat mendukung dengan berdirinya FKSDS.


"Selamat untuk acara Sebeghoyot Dusun Sarolangun ini, pemerintah Sarolangun sangat mendukung hal seperti ini, kedepan mari bersama sama kita bersinergi membangun Sarolangun ini, karena bagi saya Sarolangun bagian rumah saya sendiri," terangnya.


Pantauan media ini, acara Silahtuhrahmi Akbar Tanpak memang sangat khitmad dan meriah, hal ini terlihat dari sajian hiburan yang ditampilkan oleh panitia, mulai dari kompangan, lagu daerah bahkan sampai menampilkan Lapik Samendo (seni yang sudah viral disarolangun) sehingga suasana disana menggugah banyak tawa.


Kemeriahan acara tersebut diakhiri dengan aksi Hiporia, banyak para tokoh masyarakat bahkan PJ Bupati Sarolangun sendiri ikut meninggalkan kursinya untuk maju kedepan joget bersama-sama yang diiringi dengan lagu daerah berjudul Cik Minah Takulik Putih. (Birin)