Desa Sungai Baung Salurkan BLT DD Tahap II -->
Cari Berita

Desa Sungai Baung Salurkan BLT DD Tahap II

tuntas.co.id

BLT DD Sungai Baung
Ist


TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) merupakan salah satu program pemerintah pusat yang disalurkan melalui dana Desa.


Bantuan ini bertujuan untuk membantu masyarakat miskin,yang terdampak perekonomian keluarga yang kurang memadai dan mencukupi.Berdasarkan peraturan Kemendagri dan permendes yang mengatur undang-undang tentang BLT DD yaitu 25% dari dana desa dengan kategori miskin ektrim.


Hari ini, Desa Sungai Baung, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan,menyalurkan BLT DD tahap 2 tahun 2023, bulan April, Mei dan Juni.


Pembagian bantuan ini diberikan secara langsung dihadapan warga Desa dan disaksikan langsung oleh perangkat desa dan seluruh kelompok penerima manfaat. Rabu (28/06/2023).


Kepala Desa Sungai Baung, Abdul Halik,S.IP,  dalam sambutannya menyampaikan, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD),ini kami salurkan  sebanyak 3 bulan yakni bulan April, Mei, Juni.Penerimaan uang ini sebesar Rp.300.000/bulan,jadi setiap KPM menerima bantuan sebesar Rp.900.000 dalam 3 bulan.Bantuan ini merupakan bantuan tahap II di tahun 2023.Ungkapnya.


Kepala Desa juga menerang,beberapa program yang dijalankan, yakni berobat gratis untuk lansia di polindes/bidan desa,santunan kematian dari pemdes,500, penyaluran Amper gratis setiap tahun melalui program bantuan pusat dari partai PDIP yang linknya dari Hadiyatullah, program bantuan kematian dari program bupati sebesar 2000.000.nah melalui program-program yang yang kami kuncurkan, insyaallah kami siap membangun desa kita ini berdasarkan amanah yang diberikan oleh masyarakat sekalian.Untuk program yang dari pemerintah daerah yaitu bantuan Lansia dan bantuan kematian,itu hanya menggunakan kartu keluarga dan KTP akan disalurkan melalui dinas sosial.Nah kami berharap kepada keluarga yang bersangkutan terkait bantuan itu,silahkan datang ke pemerintah desa untuk mengurus syarat-syarat yang ditetapkan.Tutupnya.


Ketua BPD, Zurian, selaku Ketua BPD dan anggota, mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah desa dalam penyaluran ini,yang telah memperjuangkan hak masyarakat. Ia juga memantau, bahwa desa ini termasuk anggota KPM paling banyak dari 25 % dari anggaran DD, Ia berharap kedepannya, supaya program-program yang yang di selenggarakan tetap berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat Desa.


Camat Rawas ulu, M.Yusnadi,S.IP, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah desa yg telah melakukan program yang luar biasa, yang berbeda dari pemerintah desa lainya.


Terkait program kesehatan dan kematian,pihak puskesmas kecamatan Rawas Ulu juga memprogram berobat gratis di semua jenjang baik yang baru lahir sampai usia lanjut hanya dengan menggunakan KTP dan kartu keluarga.


Penyaluran BLT DD ini juga kalau menurut kriteria nya,yakni miskin ektrim/yang paling miskin,namun kebijakan pemerintah desa yg luar biasa bukti beliau menyayangi dan menjalankan amanah nya terhadap warga nya.


Turut hadir dalam acara tersebut,Camat Rawas Ulu, Kepala Desa Sungai Baung, Ketua BPD dan anggota, Pendamping Lokal Desa, Babinsa, perangkat Desa,warga desa sungai baung beserta 105 KPM.

(*)