Memperingati HARDIKNAS Tahun 2023, PJ Bupati Sarolangun Jadi Irup -->
Cari Berita

Memperingati HARDIKNAS Tahun 2023, PJ Bupati Sarolangun Jadi Irup

tuntas.co.id

Senin (08/05/2023)
Ist

SAROLANGUN_TUNTAS.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, yang dipimpin Pj Bupati Sarolangun Henrizal, di lapangan Gunung Kembang Kompleks Perkantoran Pemkab Sarolangun. Senin (08/05/2023).


Tampak hadir, unsur Forkopimda Sarolangun, Kepala OPD, Kepsek dan para guru, dan pelajar dari berbagai sekolah dengan menggunakan berbagai baju adat yang mengusung tema ‘Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar’.


PJ Bupati Henrizal, yang membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.


Melama tiga tahun terakhir perubahan besar terjadi di sekitar masyarakat, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.


"Dimana sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat," pungkas Hendrizal.


"Anak – anak sekarang bisa belajar dengan tenang, karena dalam aktivitas pembelajaran saat ini lebih holistik. Para Kepsek dan Kepala Daerah yang dulunya sulit memonitor kualitas pendidikan sekarang guru berlomba – lomba dengan data Asesmen Nasional di platform raport pendidikan untuk meningkatan kualitas pendidikan," lanjutnya.


Ia juga mengatkan bahwa, Saat ini para guru – guru berlomba berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Mengajar, dan guru – guru juga kini lebih berinovasi didalam kelas dengan kurikulum Merdeka.


Di akhir kata sambutan Mendikbudristek yang disampaikan PJ bupati sarolangun mengajak seluruh masyarakat untuk lebih semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar.


"Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan." tutup Hendrizal.


Dalam momen Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sarolangun menyerahkan Surat Keputusan kenaikan pangkat golongan IVa Kepala Sekolah oleh PJ Bupati, Sekda, Kepala BKPSDM, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan.


Pantauan media ini pergelaran HARDIKNAS tahun 2023 dikabupaten Sarolangun tampak diikuti antusias para undangan, dan berjalan sukses. (B1n)