Bupati Muratara Dapat Penghargaan UHC Award Tahun 2023 -->
Cari Berita

Bupati Muratara Dapat Penghargaan UHC Award Tahun 2023

tuntas.co.id

Bupati Muratara Devi Suhartoni
Ist

TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mendapat penghargaan dari pemerintah pusat atas keberhasilan mewujudkan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di wilayah ini.


Penghargaan bertajuk UHC Award Tahun 2023 itu diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/2023).


Bupati Muratara H Devi Suhartoni (HDS) usai menerima piala dan sertifikat penghargaan UHC Award 2023 tersebut mengaku bangga pemerintah daerah yang dipimpinnya bisa berhasil mendukung program pemerintah pusat. 


Menurut dia, keberhasilan UHC itu sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Muratara dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional.


"Ini program strategis nasional, dan juga sejalan dengan visi misi kami. Kami berkomitmen memberikan pembiayaan jaminan kesehatan kepada masyarakat kami. Alhamdulilah kita menerima predikat UHC pada Agustus tahun 2022 kemarin," kata HDS, Rabu (15/3/2023). 


Dia menjelaskan, pemerintah pusat maupun daerah berkewajiban memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia dimana penyelenggara pelaksananya dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan.


UHC Award Tahun 2023
Ist


Sementara itu, UHC merupakan apresiasi yang diberikan oleh pemerintah pusat dalam hal ini BPJS Kesehatan kepada pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/ kota yang telah membiayai jaminan kesehatan keseluruhan masyarakat lebih dari 98 persen.


"Sementara progres pencapaian Kabupaten Musi Rawas Utara pada bulan Februari 2023 sebesar 100,21 persen. Atas keberhasilan itu kita telah mendapat predikat UHC, maka pada hari Selasa kemarin kita menerima penghargaan dari pemerintah pusat," terang HDS. 


Penghargaan ini diterima langsung Bupati Musi Rawas Utara Devi Suhartoni didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Arios Saplis, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Meizar Sukarda, dan Pimpinan BPJS Kesehatan Kabupaten Musi Rawas Utara. (*)