Salurkan BLT DD Tahap IV Tahun 2022, Kepala Desa Berikan Pesan Kepada KPM -->
Cari Berita

Salurkan BLT DD Tahap IV Tahun 2022, Kepala Desa Berikan Pesan Kepada KPM

tuntas.co.id

Salurkan BLT DD Tahap IV Tahun 2022, Kepala Desa Berikan Pesan Kepada KPM
Ist


TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Pemdes Sungai Baung menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa ( BLT DD ) kepada 165 keluarga penerima manfaat (KPM) berlokasi di balai pertemuan desa Sungai Baung. Jum'at, (23/12/2022).


Penyaluran ini merupakan penyaluran tapap IV ditahun 2022 yakni bulan Oktober, November dan Desember dengan jumlah uang Rp 300.000 perbulannya, penerima mendapatkan Rp 900.000 selama 3 bulan.


Dalam sambutannya, Abdul Halik,S.IP, Kepala Desa Sungai Baung, mengatakan, penyaluran BLT DD ini adalah penyaluran yang terakhir di tahun ini dan di tahun depan penyaluran berkurang tidak seperti yang sekarang ini.


"Saat ini menerima sebnyak 165 KPM, tahun depan belum tentu sebanyak ini dan kriteria pembagian itu juga harus memilah dan memilih yang sesuai dengan kategori kemandegri dan kemendes pusat," sampainya.


"Jadi untuk tahun depan, jika ada yang namanya tidak tercantum dalam data penerima bantuan, itu bukan dari kami pihak desa, namun keputusan mutlak dari pemerintah pusat," sambungnya.


Azzarika,S.Ik, Sekcam Rawas Ulu, menyampaikan untuk tahun depan penyaluran bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa hanya 25%, tidak seperti sekarang ini yakni 40%.


"Dengan adanya pengurangan persentase tersebut, otomatis anggota KPM berkurang, jadi untuk anggota yang di tahun ini ada yang tidak tercantum dalam data di tahun depan, jangan berkecil hati karna itu bukan keputusan dari pihak pemerintah desa, kecamatan, kabupaten, bahkan provinsi, melainkan ini mutlak keputusan dari pemerintah pusat," ujarnya.


Terakhir Pendamping desa dan BPD juga menyampaikan hal yang sama terkait kategori penerima manfaat di tahun depan.


Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris desa, BPD dan anggota, dan staf, Pendamping desa, Pendamping lokal desa, perangkat desa.

(JP)