Puncak HGN 2022, GGD dan Dinas Pendidikan Muratara Gelar Baksos dan Perlomban -->
Cari Berita

Puncak HGN 2022, GGD dan Dinas Pendidikan Muratara Gelar Baksos dan Perlomban

tuntas.co.id

Puncak HGN 2022, GGD dan Dinas Pendidikan Muratara Gelar Baksos dan Perlomban
Ist


TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Selasa 13 Desember 2022 acara puncak Peringatan Hari Guru tahun 2022 sukses di gelar di Halaman Sekretariat Daerah Bupati Musi Rawas Utara Muara Rupit. Acara ini diinisiasi oleh Guru Garis Depan Kabupaten Musi Rawas Utara. 


Kegiatan Ini merupakan tahun kedua, GGD mengadakan acara dalam rangka HGN, dimana tahun sebelumnya mengadakan baksos operasi gratis bibir sumbing, donor darah dan sunatan massal.  


Peringatan tahun ini digelar lebih meriah dipadukan dengan aksi bakti sosial dan berbagai macam perlombaan unjuk bakat siswa. Beberapa stand bakti sosial diantaranya, donor darah, sunatan massal, cek kesehatan mata, cek kesehatan, dan USG gratis ibu hamil.


Sementara ajang perlomban meliputi lomba menggambar dan mewarnai kategori Tk/Sd, dan lomba menari kategori SD/SMP. Acara dibuka oleh bapak bupati musi rawas utara H. Devi Suhartoni, dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi atas niatan panitia Guru Garis Depan yang dengan tulus mengadakan acara baksos dan ajang pentas bakat pelajar. “  


Dalam acara yang sama Bupati juga berkesempatan menyerahkan bantuan perahu pendidikan dari yayasan Rumah Asuh yang diterima oleh kepala sekolah SDN Sungai Jambu Ibu Yusi Desma, perahu ini sangat dibutuhkan mengingat ada 14 siswa dan 2 orang guru yang setiap hari harus berjalan sejauh 1,5 jam ke sekolah, dengan adanya perahu pendidikan perjalanan hanya ditempuh selama 15 menit. 


Bupati juga berkesempatan memberikan pernghargaan kepada 3 orang guru honorer Berdedikasi yang mengajar di daerah 3T di kabupaten Musi rawas Utara. Ketiga guru tersebut, Sukri Ahkam.SPd (23 tahun honorer dari SDN 1 Batu Kucing), Nila Cundrawati (18 Tahun Honorer / SDN 8 Bingin Teluk) Aji Sahdan Aldi ( 16 tahun Honorer / SDN Kuto Tanjung).


“GGD ini selain tugas yang jauh dan terpencil, tetapi tetap memiliki niatan tulus untuk membuat acara baksos dan perlombaan, saya atas nama pemerintaan dan pribadi mengucapkan terimakasih dan memberikan acungan jempol” ujar bupati dalam sambutannya dan disambut tepuk tangan meriah oleh peserta yang hadir.


Berbagai kalangan peserta yang hadir, baik dari OPd, aparat TNI dan Polri yang mendonorkan darah serta masyarakat yang menyaksikan sajian perlombaan-perlombaan yang ada. Yusi Desama,S.Pd, sebagai ketua panitia dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini terlaksana atas kekompakan panitia serta dukungan dari berbagai donator seperti, Bank sumsel babel, PT. Gorby putra utama, PT. Gorby Energy, PT. Triaryani, Yayasan Insan Bumi mandiri, Yayasan Rumah Asuh, Yayasan Sahabat Pedalaman dan sponsor-sponsor lainnya, 


Yusi dalam sambutannya juga memberikan isyarat permohonan dukungan kepada pemerintah daerah agar setap tahun dapat mendukung dan mengadakan kegiatan baksos dan perlombaan pelajar.  


Dari hasil pelaksanaan tercatat sebanyak 45 pendaftar donor darah, 27 anak sunatan massal, 37 cek kesehatan dan 8 ibu hamil cek usg kandungan adapaun untuk perlombaan menggambar dan mewarnai total peserta 415 siswa, menari kategori SD sebanyak 12 peserta dan Kategori SMP sebanyak 7 peserta. 


Kegiatan ini diadakan dengan tujuan memupuk empati kepada sesama memlaui kegiatan bakti sosial dan menggali bakat siswa melalui ajang perlombaan, hal ini sesuai dengan tema kegiatan “ semangat pendidikan membangun kebersamaan “

(*)