Mashuri Lantik Sukamto Jadi Kades Lantak Seribu -->
Cari Berita

Mashuri Lantik Sukamto Jadi Kades Lantak Seribu

tuntas.co.id


TUNTAS.CO.ID_BANGKO-Bupati Merangin Mashuri resmi melantik Sukamto sebagai kepala desa (Kades) Lantak Seribu Kecamatan Renah Pamenang periode 2022-2028, di halaman kantor desa setempat, Kamis (03/11/2022).

Dikatakan bupati, pelantikan kades Lantak Seribu hasil Pilikades serentak pada Mei 2022 lalu tersebut, merupakan pelantikan yang tertunda bersama dua desa lainnya, karema masa jabatan kades sebelumnya belum berakhir.

‘’Setelah jabatan Kades Pak Samono berakhir, baru sekarang kita lantik kades terpilih Pak Sukamto. Terimakasih Pak Samono yang telah mengabdi selama enam tahun mencurahkan semua daya dan upaya untuk Desa Lantak Seribu,’’ ujar Bupati.

Pemkab Merangin lanjut bupati, memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian itu.  Kepada Kades Sukamto yang telah diambil sumpahnya, bupati mengharapkan dapat meneruskan program kerja kades sebelumnya.

‘’Selagi program kerja itu mendapat kemasalatan untuk kepentingan masyarakat banyak, tolong dilanjutkan. Pemerintah memberikan dana desa agar desa itu menjadi desa mandiri,’’ terang Bupati.

Dana desa jelas bupati, sudah 10 tahun dikucurkan, mulai dari Rp 400 juta sampai sekarang mencapai Rp 1 miliar lebih, agar desa-desa di Kabupaten Merangin menjadi desa mandiri dan desa swasembada.

Bupati yakin, dari 176 kades yang sudah dilantik hasil Pilkades serentak, semuanya mempunyai enerjik dan semangat baru untuk membangun desanya. Harapan Pemerintah nanti akan tumbuh desa-desa mendiri, desa digital, desa-desa yang mampu berinovasi.

Namun bupati menegaskan, sejauh ini menurut analisanya semua desa itu belum terlihat mengarah ke mandiri. Pembangunan yang dilakukan baru sebatas yang normal-normal saja, belum mampu berinovasi karena keterbatasan SDM yang masih rendah.

‘’Mari kita ajak warga yang punya SDM mumpuni untuk ikut membangun desa. Saya yakin di Desa Lantak Seribu ini banyak warga yang berpendidikan tinggi, mulai dari dokter, SII dan SIII,’’tegas Bupati.

Warga yang mempunyai pendidikan tinggi itu minta bupati, panggil ajak bekerjasama. Minimal minta ide-ide mereka, bagaimana membangun Desa Lantak Seribu agar mampu menjadi desa mandiri.

‘’Apa yang bisa kita kembangkan, dorong untuk berkembang, petakan pembangunan dengan sebaik mungkin. Kearifan lokal, keunggulan-keunggulan di desa ini terus dibina, sehingga nanti Desa Lantak Seribu akan tumbuh menjadi desa mandiri,’’ harap Bupati.

Usai prosesi pelantikan, Kades Sukamto mengikuti acara pemberian gelar adat. Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi-Kabupaten Merangin H Abdullah Gemuk memberi gelar adat, Rio Mangku Projo Sakti kepada Sukamto.