HAKLI Provinsi Jambi Adakan Seminar Nasional -->
Cari Berita

HAKLI Provinsi Jambi Adakan Seminar Nasional

tuntas.co.id

HAKLI Provinsi Jambi Adakan Seminar Nasional
Ist


TUNTAS.CO.ID_JAMBI - Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Provinsi Jambi menggelar seminar nasional bersama Poltekes Kemenkes Jambi di Aula Hotel Gorden Harvest Kota Jambi Rabu (28/10/2022).


Seminar tersebut di hadiri oleh Dirktur Jenderal Pelayanan Kesehatab Kemenkes RI Ibu Ariyanti Anaya, Ketua Umum Pengurus Pusat HAKLI H Arif Sumantri, Wakil Gubernur Provinsi Jambi Abdullah Sani dan Wakil Walikota Jambi Mualana.

 

Seminar itu juga berlangsung Hidmad, dengan mengangkat tema “peran tenaga sanitarian dalam pengelola limbah dan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) di era global


Oleh karena itu, Ketua HAKLI Jambi menyampaikan, Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.


Sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Selajutnya, Kata Pirman, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, salah satunya diupayakan melalui peningkatan kesehatan lingkungan.


Merupakan harapan kita bersama, bahwa melalui upaya peningkatan kesehatan lingkungan dapat mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat, baik fisik, kimia, biologi, maupun sosial, yang memungkinkan setiap orang dapat mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. 


"Saya berharap melalui seminar nasional ini akan semakin mendorong dan menguatkan peranan, kompetensi, serta profesionalitas tenaga kesehatan lingkungan (sanitarian) sebagai ujung tombak dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan," pungkasnya


Ketua Umum Pimpinan Pusat HAKLI, Arif Sumantri, S.K.M, M.Kes, sangat mengapresiasi kegiatan HAKLI Jambi yang diselenggarakan di Kota Jambi. Dalam kesempatan tersebut dia juga menjadi salah satu narasumber terhadap saminar tersbut


Wakil Gubenur Provinsi Jambu, Abdullah Sani mengatakan, pengelolaan limbah serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu isu yang juga menjadi fokus dalam kesehatan lingkungan. 


Sebab Katanya, lingkungan juga menjadi bagian yang terdampak dalam menghasilkan produksi barang dan jasa, untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.


" Limbah yang dihasilkan dari produksi menjadi penyebab penurunan kualitas lingkungan yang kemudian tentu turut berdampak bagi penurunan aktivitas dan produktivitas dalam bekerja," sampainya.


Wakil Gubernur menyebutkan, Industri atau perusahaan merupakan salah satu lokasi tempat orang banyak melakukan aktivitas untuk menghasilkan berbagai jenis produk dan jasa kebutuhan manusia. 


Seminar nasional ini diharapkan akan membuka perspektif seluruh stakeholder dan pihak terkait, agar seluruh yang terlibat, baik pelaku industri, perangkat daerah lingkungan hidup maupun para sanitarian, dapat bersinergi bersama sesuai dengan peraturan yang berlaku.


"Untuk mendorong serta menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan sehat sebagai upaya untuk mendukung keselamatan bekerja, tak hanya bagi para pekerja namun juga bagi lingkungan di sekitar lokasi industri," Kata Wagub (*)