Peletakan Batu Pertama Lapas di Muaro Jambi, Gubernur : Ini Adalah Solusi Tepat -->
Cari Berita

Peletakan Batu Pertama Lapas di Muaro Jambi, Gubernur : Ini Adalah Solusi Tepat

tuntas.co.id

Peletakan Batu Pertama Lapas di Muaro Jambi, Gubernur : Ini Adalah Solusi Tepat
Ist


TUNTAS.CO.ID_SENGETI - Gubernur Jambi H Al Haris melakukan peletakan batu pertama pembangunan Lapas Klas IIA Jambi. Rabu (3/8/2022).


Peletakan batu pertama ini dilakukan diatas lahan seluas 6,2 hektare yang dihibahkan oleh Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi yang lokusnya di Desa Bukit Baling Kabupaten Muaro Jambi.


Al Haris menyebutkan, lapas Klas IIA Jambi memang sudah selayaknya pindah, sebab kondisi lapas yang ada di Kota Jambi itu sudah overload.


Selain overload lapas klas IIA Jambi juga sering mengalami persoalan, seperti banjir, jebol hingga kejadian lain yang berpotensi terjadinya chaos.


Menurut Haris, lapas bukanlah tempat menghukum orang, namun lapas merupakan tempat membina, maka dari itu, lapas harus bagus.


"Ini adalah solusi tepat mengatasi permasalahan yang ada," tutur Haris.


Dia berharap, setelah menjalani masa pembinaan dilapas, nantinya semua warga binaan bisa kembali ketengah masyarakat dan menjadi lebih baik serta tidak mengulangi kesalahan yang telah diperbuat.


"Selesai menjadi warga binaan, nanti bisa kembali ke masyarakat dia sudah bisa jadi orang yang sadar, tinggalkan semua hal yang gelap, agar bisa meraih mimpinya dan masa depannya itu harapan saya ke depan," imbuhnya. 


Dalam kegiatan itu, hadir Kakanwil KUMHAM Jambi, Kalapas Klas IIA Jambi, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, Kalapas Perempuan, Kapolres, dan unsur Forkompinda Kabupaten Muaro Jambi. 


Kakanwil Kumham Jambi, Tolib menyebut jika pembangunan lapas ini menggunakan anggaran dana APBN dengan lama pembangunan tiga tahun.


"Ini pembangunan multi years selama tiga tahun," kata Tolib.


Ia menyampaikan, pembangunan ini nanti akan bertahap. Untuk tahun 2023 pihaknya juga sudah mengusulkan, harapan tentunya tidak lebih dari tiga tahun pembangunan sudah selesai dan sudah siap huni.


"Karena memang dalam rangka untuk mengatasi masalah ini perlu segera ada," imbuhnya.


Dia sangat berterimakasih kepada gubernur Jambi yang telah mensupport apa yang dilakukan oleh Kumham selama ini, termasuk pemerintah Kabupaten Muaro Jambi yang telah menghibahkan tanah untuk dibangunkan lapas ini.


Sementara itu, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah berharap dengan dibangunkan lapas ini dirinya berharap warga binaan bisa nyaman dan keluar dari lapas bisa lebih baik lagi.


"Keluar dari sini bisa lebih baik, punya kemampuan dan keahlian, keterampilan sehingga keluar nantinya bisa diterima oleh masyarakat," sebut Bachyuni. (*)