Genap 3 Bulan Menjabat, Ini yang Telah Dilakukan Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Dleiansyah -->
Cari Berita

Genap 3 Bulan Menjabat, Ini yang Telah Dilakukan Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Dleiansyah

tuntas.co.id

Genap 3 Bulan Menjabat, Ini yang Telah Dilakukan Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Dleiansyah
Ist


TUNTAS.CO.ID_MUARO JAMBI - Tepat tanggal 23 Agustus 2022 besok, masa jabatan Penjabat (Pj) Muaro Jambi yang diemban oleh Bachyuni Deliansyah genap tiga bulan. 


Artinya, Pj Bupati akan segera membuat laporan evaluasi untuk dilaporkan ke Mendagri melalui Gubernur Jambi, terkait apa-apa saja yang telah dilakukannya selama 3 bulan menjabat sebagai orang nomor satu di Muaro Jambi.


Sesuai perintah undang-undang, Penjabat kepala Daerah diwajibkan membuat evaluasi secara berkala guna memastikan tugas dan tanggung jawab dijalankan baik dan benar. Nantinya, hasil evaluasi Pj kepala daerah itu menjadi dasar untuk menentukan keberlanjutan masa jabatannya. 


Hari pertama kerja sebagai Pj Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah langsung tancap gas. Dia terlihat melakukan koordinasi dan mengumpulkan para pejabat untuk menyampaikan arahan serta target yang akan dicapainya.


Konsolidasi internal dianggapnya penting untuk memastikan jajaran pejabat yang akan membantu kinerja menjalankan program yang akan digulirkan selama mengembang amanah. Belum lama ini, Pemkab Muaro Jambi pun telah menyelesaikan lelang jabatan Eselon II untuk mengisi sejumlah jabatan di lingkup Pemkab Muaro Jambi yang terjadi kekosongan. 


Selain itu, Bachyuni yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala BPBD Provinsi Jambi ini juga menyoroti rendahnya kedisiplinan para ASN. Langkah cepat untuk pembenahan pun secara cepat dilakukannya dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) hampir ke seluruh kantor OPD. Penegakan disiplin menjadi penting baginya untuk perubahan lebih baik kedepan.


"Itu kita lakukan agar program yang akan ditargetkan bisa tercapai. Kalau disiplinnya rendah, tentu akan menjadi hambatan besar bagi Saya untuk merealisasiakan program pembangunan di Muaro Jambi," katanya, (22/8/22).


Termasuk juga, kata Pj Bupati, dalam pelayan publik. Sejak menjabat, kantor pelayanan publik juga menjadi fokus utama Dirinya untuk dilakukan pembenahan. Ini mengingat kantor pelayanan publik seperti Dukcapil, Puskesmas, rumah sakit dan sebagainya bersentuhan langsung dengan masyarakat. 


"Itu selalu Saya kontrol, agar apa yang menjadi tugas pemerintah dalam melayani masyarakat benar-benar terpenuhi. Alhamdulillah perubahan cukup besar bisa terlihat saat ini," bebernnya.


Tak tanggung-tanggung, Dirinya pun merespon cepat banyak permasalahan yang ada di Perumda Tirta Muaro Jambi. Keluhan pelayanan dari masyarakat membuat Bachyuni harus mengambil langkah tegas. Direktur Utama Perumda Tirta pun dilakukan pergantian olehnya.


"Sebelumnya jajaran direksi Perumda Tirta Muaro Jambi sudsh diperintahkan untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Namun belum ada perubahan, maka langkah tegas harus diambil untuk pembenahan kedepan," tegasnya.


Disisi lain, tak luput pula Pj Bupati melakukan percepatan dalam hal pembangunan, seperti halnya dilakukan berbagai perbaikan dan pembangunan jalan di beberapa titik di Kabupaten Muaro Jambi.  


Dijelaskannya, saat pertama menjabat Dia telah membentuk tim percepatan pembangunan untuk mengejar target yang akan dicapai dalam hal program pembangunan. 


"Sejak pertama, Saya juga tekankan agar realisasi anggaran dipercepat. Alhamdulillah peningkatannya cukup signifikan dalam beberapa bulan terakhirini," jelasnya.


Sementara itu, Pj Bupati Muaro Jambi juga gencar turun ke tengah masyarakat hingga ke desa-desa untuk mendengarkan keluhan warga. Hampir dise kecamatan, Dirinya melakukan diskusi dengan para kepala desa.


"Jalan di Talang Dulu yang menjadi persoalan bagi masyarakat selama ini alhamdulillah juga tertangani dengan baik. Beberapa waktu lalu saya sudah melakukan MoU dengan perusahaan untuk pembangunan jalan," jelasnya. (*/&9)