Pada HUT ke-9, Gubernur Sumsel Akui Banyak Kemajuan di Muratara -->
Cari Berita

GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Pada HUT ke-9, Gubernur Sumsel Akui Banyak Kemajuan di Muratara

tuntas.co.id

Gubernur Sumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru beserta istri bersama Bupati dan Wakil Bupati Muratara beserta istri serta ketua DPRD Muratara saat tiba di gedung DPRD. (Poto/a61) 


TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Pembangunan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) terlihat gemilang dan berkemajuan. Hal ini dikatakan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru (HD) saat menyampaikan arahan pada sidang paripurna istimewa Hari jadi (HUT) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) ke-9, di Gedung DPRD setempat, Senin (20/2022).


Menurut Gubernur Herman Deru, Meskipun anggaran Muratara yang sangat terbatas namun pembangunan terlaksana secara efektif dan tepat sasaran.


"Banyak kemajuan yang dirasakan, tampak menggeliat dan lingkungan Kota yang bersih nan indah," kata Gubernur Herman Deru.


Sebagai Kabupaten yang belum lama berdiri, Gubernur menilai, Muratara telah mampu melaksanakan pembangunan dengan baik, cepat, efektif dan efisien.


"Kemajuan itu tidak lepas dari perencanaan pelaksanaan pembangunan serta tanggung jawab Bupati dan Wakil Bupati dan peran serta legislatif selaku penentu Budgeting," tutur Gubernur.


Namun hal yang paling penting kata Gubernur, adalah keterlibatan masyarakat dalam setiap upaya pembangunan. "Rasa memiliki masyarakat kepada Daerah itu sangatlah penting."


Gubernur juga menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Muratara mengedepankan sinergitas antar daerah, demi pembangunan yang berkelanjutan.


Hut Muratara


Bupati Muratara, Devi Suhartoni, berterima kasih dan mengapresiasi kepada semua elemen yang terlibat dalam mendorong suasana kondusifitas, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan optimal.


"Kabupaten dengan katagori usia muda, namun tidak akan membuat kabupaten ini lambat dan tertinggal dari kabupaten lainnya," sebut Devi Suhartoni.


"Bukan saatnya lagi mencari indentitas dan jati diri, tetapi diusia yang relatif mudah ini untuk meningkatkan inovasi, creatifitas dan daya saing dalam pelayanan dan pembangunan, agar kabupaten ini bisa sejajar bahkan melebihi kabupaten lainnya," lanjutnya.


Prospektifnya, kata Bupati, kita berupaya mendesain atau merancang formula masa depan berlandaskan realita kekinian, tanpa melupakan nilai-nilai peristiwa bersejarah dimasa lalu.


"Kita wujudkan Citra Muratara berhidayah yang damai melalui pelayanan pemerintahan yang optimal'. Tema ini hendaknya menginspirasi semua pihak untuk sama-sama mengukir dan kebangkitan kabupaten Muratara dalam rangka meraih kemajuan, kemandirian dan kemartabatan masyarakatnya, sehingga tema tersebut tidak hanya retorika, tetapi menjelma dalam implementasi. Dan sejalan dengan tema provinsi Sumatera Selatan yaitu, Sumsel Maju untuk semua," ungkapnya.


Bupati menjelaskan, Visi pembangunan adalah untuk mewujudkan Citra Muratara Berhidayah, visi inilah yang menjadi titik capaian dan titik ujung dari seluruh rangkaian proses pembangunan sejak memulai pemerintahan.


Merangkai gagasan dan menterjemahkan menjadi kinerja, membangun irama kebersamaan melakukan adaptasi dan reformasi birokrasi, serta meramu strategi mengatasi fiskal yang devisit, adalah sekelumit tantangan saat kami memulai pemerintahan ini.


Bupati juga melaporkan, dalam pelaksanaan pemerintahan daerah tahun anggaran 2021 sudah banyak pembangunan yang telah dilaksanakan 


Untuk indeks infrastruktur tahun 2021 sebesar 75,84 persen. Berdasarkan rilis BPS tahun 2021, panjang jalan di kabupaten Muratara sebesar 500,24 kilometer. Dengan kondisi baik 155,39 kilometer, kondisi sedang 164,52 kilometer, kondisi rusak 121,12 kilometer dan kondisi rusak berat 59,21 kilometer.


Hut Muratara


Untuk sanitasi layak pada tahun 2020, sebesar 73,24 persen dan mengalami kenaikan pada tahun 2021 sebesar 80,33 persen.


Dan untuk rumah tangga yang memiliki air minum layak pada tahun 2020 sebesar 58,13 persen dan pada tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 66,5 persen.


"Dalam rangka pelaksanaan pemerintahan daerah, terdapat isu-isu strategis yang harus kita pecahkan bersama kedepan, antara lain bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, reformasi birokrasi, pertanian, sosial dan tenaga kerja, pembangunan perdesaan, keamanan serta kondusifitas investasi," ajaknya.


Dalam spektrum yang lebih luas, kata Devi Suhartoni, penyelenggaraan pembangunan yang dilaksanakan ditujukan untuk pencapaian visi sebagai mana yang tertuang dalam rancangan rencana pembangunan jangka panjang daerah maupun rancangan Pembangunan jangka menengah kabupaten Muratara.


"Cita-cita ideal yang kita inginkan terangkum dalam visi pembangunan yaitu mewujudkan Citra Muratara Berhidayah," ujar Devi Suhartoni yang juga kader Idiologis PDI Perjuangan ini.


Untuk diketahui paripurna istimewa HUT ke-9 Muratara ini dipimpin langsung ketua DPRD Afriansyah, dan dihadiri Wali Kota, Bupati dan Wakil Bupati Daerah tetangga, DPRD Kabupaten dan Kota tetangga, Kapolres Muratara, Kejari dan Dandim MLM, OPD dan tokoh-tokoh sepuh Muratara.

(A4)