Metting Zoom Bersama Pj. Gubernur Jambi, Ini Kata Bupati Terkait Aksi Peniadaan Mudik -->
Cari Berita

Metting Zoom Bersama Pj. Gubernur Jambi, Ini Kata Bupati Terkait Aksi Peniadaan Mudik

tuntas.co.id

Tanjab Barat.Tuntas.Co. Id - Bupati Tanjabbar  H. Anwar Sadat. metting zoom bersama Pj Gubernur Jambi dan Kapolda dalam rangka rapat kordinasi rencana aksi peniadaan mudik idul fitri 1442 hijriah. Bertempat diruang rapat bupati. (22/4/21) Kemarin. 

Turut hadir, asisten satu, kadis perhubungan, kepala BPBD, kepala BKPSDM dan Kepala Dinas Kesehatan Tanjabbar.

Bupati Tanjabbar melaporkan upaya-upaya yang dilakukan Tanjab Barat dalam rangka menindaklanjuti edaran Kemendagri dan ibu pj Gubernur. 

"Dikuala Tungkal ini sendiri kami sudah menyiapkan 2 posko, yang pertama posko perbatasan tanjung jabung barat dan riau yang letaknya di suban, yang kedua kami juga telah menyiapkan posko di pelabuhan lasdap ini dalam rangka mengantisipasi masyarakat yang mudik dan mengantisipasi keluar masuknya masyarakat yang berada diluar tanjung jabung barat," tutur Bupati

Pada kesempatan ini bupati melaporkan di tanjab barat ada 114 desa 20 kelurahan, di 114  tersebut sudah menganggarkan satgasnya dan satgas yang sudah ditegakkan dengan pendanaan di Desanya masing masing, serta bekerjasama dengan seluruh stkeholder yang ada di tanjab barat.

Bupati mengkonfirmasikan di Tanjung Jabung Barat per tanggal 19 april konfirmasi positif covid ada 754. Yang sedang dirawat ada 20 orang, sembuh ada 545 orang dan meninggal dunia ada 9 orang, daya tampung yang pertama ada di rumah sakit umum Daud Arif dan rumah sakit surya khairudin di merlung dan eks puskesmas II di tungkal ilir dan isolasi di balai adat


Tanjung jabung barat juga termasuk kabupaten yang siap ketika terjadinya dampak covid 19 ini kita sudah mempersiapkan daya tampung yang bisa menerima pasien positif covid. 

"Bahkan beberapa bulan yang lalu kita juga menerima pasien dari Muarojambi.
Kita juga mempersiapkan ruang isolasi di lasdap," sebutnya

Kita tahu kata Bupati, di Tanjung Jabung Barat ini aktiv setiap sore, kami beserta tim gugus tugas melakukan operasi yustisi dengan menegakan protokol kesehatan dengan merazia dan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menggunakan masker yang hampir setiap sore dilakukan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. 

"Mengenai masyarakat muslim yang melaksanakan sholat tarawih saya kira kita punya kearifan lokal juga selain kita menegakan protokol kesehatan. Karena sifatnya yang ke agamaan ini sangat sensitif, jadi perlu upaya-upaya yang persuasif, upaya yang teduh dan dingin, supaya tidak ada hal hal yang sifatnya menghalangi yang mungkin menimbulkan benturan masyarakat, apalagi kita tahu bahwa tanjung jabung barat ini adalah kabupaten yang nilai agamisnya sangat tinggi saya kira ini juga harus kita cermati agar masyarakat bisa melaksanakan tarawih dengan nyaman dan melaksanakan ibadah dengan aman," paparnya 


Menyikapi laporan bupati mengenai  kegiatan keagamaan pj gubernur jambi menyampaikan untuk kegiatan keagamaan maximum 50% dan tetap menegakan protokol kesehatan tetap menjaga jarak minimal 1meter untuk melaksanakam sholat tarawih.
 (Anto)