Dengar Langsung Pemaparan Bupati, HD : Dua Kabupaten Ini Butuh Sentuhan Khusus -->
Cari Berita

Dengar Langsung Pemaparan Bupati, HD : Dua Kabupaten Ini Butuh Sentuhan Khusus

tuntas.co.id

Gubernur Sumsel H. Herman Deru (HD) dan Bupati Muratara H. Devi Suhartoni (HDS). (Poto/Ist)


PALEMBANG – Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) H. Devi Suhartoni (HDS) dan Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud memaparkan langsung kepada Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru (HD) terkait program pembangunan infrastruktur di kedua Kabupaten bertetangga tersebut. 


Bertempat diruang tamu Gubernur Sumsel, Senin (08/03). Dalam kesempatan itu Gubernur H Herman Deru menuturkan, Pemerintah Provinsi Sumsel berupaya untuk mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur secara merata di 17 Kabupaten/kota di Sumsel.


Salah satu caranya dengan mengucurkan Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus) secara proporsional bagi setiap daerah dengan memprioritaskan mengangkat potensi di masing-masing daerah agar menjadi ikon yang eye catching.


“Dua kabupaten ini butuh sentuhan secara khusus kalau perspektif kita melihatnya dari angka kemiskinan, kita bedah dulu persoalanya. Bahwa Mura memiliki desa tertinggal sangat banyak, Muratara hasil pemekarannya. Apa yang menyebabkan kemiskinan itu adalah biaya hidup yang tinggi, infrastruktur yang tidak memadainya, sehingga konektifitas terhambat," jelas Gubernur


Herman Deru menghimbau Bupati Musi Rawas dan Bupati Musi Rawas Utara menentukan kembali program mana yang bersifat super prioritas, prioritas, dan program yang regular. Dijelaskannya secara rinci, program super priotas adalah program pembangunan yang mangkrak dan sangat dibutuhkan warga.



Sementara Kategori prioritas ditujukan bagi pembangunan fisik yang menjadi sorotan mata masyarakat. Sedangkan untuk kategori regular merupakan pembangunan rutin tahunan yang menjadi tanggung jawab kabupaten/kota.


“Ini kan Bapak/ ibu bupati baru, buat yang eye catching yang sifatnya dapat dirasakan masyarakat. Saya ingin membantu bapa, ibu Bupati untuk mendapat trust dari masyarakat, melalui Bangubsus,” tambahnya.


Kemudian Bupati Muratara Devi Suhartoni dalam paparannya  mengatakan, Kabupaten Muratara adalah kabupaten muda yang sedang giat membangun dan membuat masyarakat sejahtera dan bahagia.


"Sasaran program di tahun 2021 adalah untuk meningkatnya potensi dan daya saing sektor unggulan terhadap perekonomian daerah, dimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perluasan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan," papar HDS


Permasalahannya kata HDS, persentase kemiskinan tertinggi, IPM kategori sedang, dan sebagai daerah tertinggal akan berpengaruh dengan angka Sumsel. Oleh sebab itu Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Utara mempunyai semangat, strategi, dan kebijakan menyelesaikan permasalahan tersebut, kabupaten Muratara sangat membutuhkan bantuan dan dukungan Gubernur Sumsel.

(*)