Karhutla, Polisi Serta masyarakat Turut Padamkan Api di Desa Pulau Mentaro -->
Cari Berita

Karhutla, Polisi Serta masyarakat Turut Padamkan Api di Desa Pulau Mentaro

tuntas.co.id

Personil Polres Muarojambi Saat Padamkan Api di Lahan Perkebunan PT SMP. (Poto/Ist)

MUAROJAMBI - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) melalui pantauan CCTV Asap Digital terjadi diwilayah hukum Polres Muarojambi tepatnya di Kecamatan Kumpeh Ilir Kabupaten Muarojambi.

Terlihat dari titik kordinat kebakaran terjadi di area Pemilik Kawasan Perkebunan PT SMP ( Sawit Mas Plantation) Desa Puding yang di klaim oleh warga Desa Pulau Mentaro pada Senin sore sekira pukul 17:00 Wib

Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto Melalui Kasubag Humas AKP Amradi mengatakan, Kondisi seputaran lahan sebelum kebakaran adalah lahan gambut dengan kedalaman dua meter yang di tumbuhi tanaman semak belukar jenis pakis dan pepohonan kecil.

"Pemadaman awal dilakukan secara manual dengan memutuskan rembetan api,l. Personil yang terlibat dalam Pemadaman sebanyak 6 orang Personil Polri. Kepala Desa Pulau Mentaro dan 4 Orang Aparatur Desa Pulau Mentaro," sebut Kasubag Humas AKP Amradi. Selasa (24/2/21)

Amradi juga menyampaikan dengan upaya pemadaman manual serta Damkar yang disiagakan di area bekas Karhutla. Sekira pukul 19.00 Wib api sudah bisa dipadamkan.

" Kini Lahan Milik PT SMP ( Sawit Mas Plantation) itu dipasang garis Police Line, dan membuat papan pemberitahuan bahwa lahan bekas Karhula dalam pengawasan kepolisian dan proses Penyelidikan," kata Amradi

Lebih lanjut ia menyebut atas Kejadian ini pihak Polres Muarokambi akan terus mendalami kasus ini dengan Mendata dan menggali Informasi dari Saksi yang mengetahui awal Kebakaran sekaligus Saksi yang mengetahui penyebab terjadinya kebakaran.

"Akan terus kita dalami lagi, kita gali lagi informasinya mencari saksi yang mengetahui untuk mengungkap penyebab terjadinya kebakaran ini." Tutupnya (Wijaya)