Ahok Akan Jadi Bos Pertamina, Tugas Pertamanya Membersihkan Mafia -->
Cari Berita

Ahok Akan Jadi Bos Pertamina, Tugas Pertamanya Membersihkan Mafia

tuntas.co.id


JAKARTA, TUNTAS.CO.ID - Karier Ahok di pemerintahan akan kembali dimulai dengan menjadi Direktur Utama PT Pertamina.

Kabar ini mencuat setelah Ahok bertemu dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Jabatan yang akan diberikan ke Ahok adalah Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). 

Pengamat Fabby Tumiwa, menilai Ahok memang cocok ditempatkan di BUMN yang banyak menangani penugasan dari pemerintah, seperti misalnya mengelola subsidi negara. 

Dengan karakternya yang kontroversial, Ahok dinilai bermanfaat untuk menghadapi pemangku kepentingan seperti DPR dan lainnya untuk tegas menjalankan program pemerintah ataupun BUMN.

"Tapi dengan persyaratan, dia harus memahami betul good governance dan menjadi orang yang mampu dan bersihkan mafia-mafia," katanya.

Lalu sebenarnya siapa yang memunculkan nama Ahok untuk menjadi bos Pertamina ? 

Dua sumber di lingkup internal Kementerian BUMN menuturkan Presiden Joko Widodo yang mengusulkan nama Ahok kepada Erick. 

“Permintaan itu dari Presiden,” ujar dua sumber tersebut.

Tugas utama Ahok sebagai bos Pertamina nantinya  melakukan pengawasan terhadap kebijakan pengelolaan Perusahaan, memberikan saran kepada Direksi, pengawasan terhadap pelaksanaan rencana jangka panjang, rencana kerja dan anggaran, ketentuan Anggaran Dasar dan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), serta pengawasan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku sesuai dengan maksud dan tujuan Perusahaan. (*)