Mendadak, Bupati Safrial Tes Urine Para Pejabatnya -->
Cari Berita

Mendadak, Bupati Safrial Tes Urine Para Pejabatnya

tuntas.co.id



TANJABBAR, TUNTAS.CO.ID -  Pemkab Tanjabbar mendadak laksanakan tes urine kepada para pejabat, Senin (27/11/2017).  Bupati Safrial menekankan ia tidak ingin para pejabat yang membantunya bekerja mengkonsumsi dan kecanduan narkotika serta obat-obatan terlarang.

Bupati Safrial melakukan tes urine terhadap para pejabat tinggi pratama eselon 2,  administrator pengawas eselon 3, Para Camat, Sekretaris Camat, serta pejabat eselon 4 UPTD Dikbud, Kelurahan dan Puskesmas.

Giat Bupati ini bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Wilayah Tanjab BarTim, dilakukan di gedung balai pertemuan kantor bupati yang dikemas dalam acara pengendalian dan pembinaan disiplin aparatur sipil negara, oleh Badan Kepegawaian dan Peningkatam Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Dr.Ir.H.Safrial,MS mengatakan bahwa di adakannya tes urin bagi para pejabatnya ini adalah wujud komitmen pemerintah kabupaten  dalam memerangi dan memberantas peredaran dan penggunaan narkoba di bumi serengkuh dayung serentak ke tujuan.

Menurut bupati, tes urin ini sengaja dilakukan secara mendadak karena dirinya ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa para pejabat yang membantunya dalam bekerja dan melayani masyarakat tidak boleh menggunakan dan lebih buruk lagi pecandu narkoba. 

Ditegaskan Safrial, jika hasil tes urin nanti ada pejabat yang positif menggunakan narkoba maka dirinya bekerjasama dengan BNN Tanjab BarTim akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku.

“Jika nanti ada pejabat yang hasil tes urinnya positif menggunakan narkoba, terlebih dahulu, kita akan lakukan kajian dengan pihak BNN untuk kemudian memberikan tindakan tegas," tukasnya.
Turut hadir pada pelaksanaan tes urin ini, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Amir Sakib, Sekretaris Daerah Setda Kab Tanjabbar, Drs H Ambok Tuo, MM, Para Asisten dan Staf Ahli, Para Kepala OPD beserta Jajarannya dan tentunya Kepala BNN Wilayah Tanjab BarTim beserta para stafnya.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) wilayah Tanjab BarTim, Cecep Subaryat mengatakan  dirinya sangat berterima kasih kepada pemkab Tanjabbar yang sangat mendukung upaya pencegahan peredaran dan penggunaan narkoba di wilayah kerjanya. 

Ditambahkan Cecep, dengan dipasang dan disebarkannya spanduk, baliho maupun pamplet pernyataan perang terhadap narkoba sampai ke wilayah kecamatan, kelurahan, UPTD pendidikan, puskesmas dan sekolah-sekolah maka dirinya berharap peredaran dan penggunaan narkoba dapat di cegah dan di awasi bersama-sama.

Lanjut dijelaskannya lagi, oleh kepala BNN bahwa sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan tes urin ini, pihaknya bersama pemkab akan melakukan pertemuan lebih lanjut terkait tindakan apa yang akan diambil sesuai dengan aturan yang berlaku jika ada yang hasil tes urinnya positif.

“Jika nanti ada hasil positif dari tes urin ini, sementara hanya saya, pak bupati, pak wakil bupati dan pak sekda yang tahu," jelasnya.

Tes urin perdana di lingkungan pemkab Tanjabbar ini dipimpin dan dimulai langsung oleh bupati dan wakil bupati, kemudian sekretaris daerah lalu diikuti oleh para pejabat tinggi pratama dan pejabat eselon 3 dan 4 yang hadir. (**)

Reporter Tanjabbar: Anto