Pelantikan PWI dan IKWI Periode 2022-2025, Ini Harapan Wabup Tanjabbar -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Pelantikan PWI dan IKWI Periode 2022-2025, Ini Harapan Wabup Tanjabbar

tuntas.co.id

Ist


TUNTAS.CO.ID_TANJABBAR - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Hairan,  didampingi Ketua GOW Uni Yati Hairan hadiri Pelantikan Pengurus Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanjabbar Rita Anggaraini dan juga ketua  Pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Tanjabbar, Ika Desi Sri Fitria, priode 2022-2025, Senin (24/1/22) Kemarin.


Kegiatan tersebut dilaksanakan bertempat dibalai pertemuan Kantor Bupati Tanjabbar, dan juga dihadiri langsung oleh Ketua PWI Provinsi Jambi beserta para pengurus, Unsur Forkopimda, Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator lingkup Pemkab Tanjab Barat, dan Ketua Organisasi Pers se-Tanjab Barat.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Hairan, mengatakan, selamat atas dilantiknya Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanjab Barat dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia periode 2022 – 2025. 


Wabup berharap kepada pengurus yang dilantik dapat mewujudkan kehidupan pers nasional yang merdeka, profesional, bermartabat dan beradab serta terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar.


“Dengan terbentuknya organisasi persatuan wartawan indonesia ini saya mengajak, agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen wartawan untuk berperan serta dalam pembangunan Tanjung Jabung Barat BERKAH, Berkualitas, Ekonomi maju, Religius, Kompetitif, Aman dan Harmonis,” ujar Wabup.


"Bahwa keberadaan PWI sangat penting untuk menjamin bahwa wartawan yang berada di bawah naungan PWI adalah wartawan yang profesional dan benar-benar memahami kode etik jurnalistik, sehingga wartawan yang tergabung dengan wadah organisasi. PWI benar-benar wartawan berkompeten dan profesional serta dilindungi oleh undang-undang dan dewan pers," tambahnya.


Wabup juga berharap, PWI berperan dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan sehingga mereka memahami tentang aturan UU pers dan kode etik jurnalistik, sehingga nantinya dapat menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik dalam menyongsong industri disrupsi dan era milenial yang identik dengan sebutan 4.0.


“Peran wartawan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pembangunan, terutama perannya dalam membangun bangsa melalui pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan Pemerintah, sumbang saran dari insan pers terhadap kebijakan pemerintah daerah, dinilai sangat berharga untuk modal pembangunan Kabupaten Tanjung Jabung Barat demi asa kita bersama membangun negeri dalam mensejahterakan masyarakat.” katanya.


Ketua PWI Provinsi Jambi H.R. Ridwan Agus,  menyampaikan bahwa organisasi PWI sebagai tonggak sejarah perjuangan Wartawan Indonesia berpegang teguh pada konstitusi negara, menyadari perannya sebagai alat perjuangan bangsa Wartawan Indonesia bertekad melanjutkan tradisi prioritas dalam semangat demokrasi.


“Wadah PWI secara langsung ataupun tidak menjunjung tinggi, daya juang yang tangguh, cinta tanah air, berwawasan Nusantara, memiliki jiwa patriot, disiplin, berani bertanggung jawab serta sikap mementingkan kepentingan umum dari pada golongan oleh karenanya memiliki ciri dan sifat tersebut maka harus menjadi organisasi PWI memiliki nilai lebih dari pada organisasi yang lain,” Ucapnya.


Dia juga mengajak wartawan yang tergabung di PWI, khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk senantiasa menjaga hubungan sebagai mitra kerja Pemerintah yang berkesinambungan, serta membudayakan tentang penulisan berita yang sesuai fakta.


“Jangan seolah-olah berita hoax disajikan penulis, jaga solidaritas, pegang teguh Visi Misi Organisasi PWI tidak memanfaatkan Organisasi PWI untuk kepentingan pribadi atau kelompok organisasi, saling asah, asih, asuh antara sesama anggota PWI.” Harapnya.

 (Anto)