Mengapa AHY Safari Politik ke Parpol Pendukung Jokowi ? -->
Cari Berita

Mengapa AHY Safari Politik ke Parpol Pendukung Jokowi ?

tuntas.co.id

JAKARTA, TUNTAS.CO.ID - Beberapa waktu terkahir Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan safari politik.

Pengamat politik Ujang Komarudin meyakini, kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke beberapa parpol pendukung Joko Widodo menunjukan gelagat Demokrat di bawah kepemimpinan AHY ingin menggandeng koalisi Jokowi.

"Ini pemanasan awal dan penjajakan koalisi di tengah new normal. Itu penjajakan awal dan silaturahmi awal AHY untuk bisa diterima oleh banyak partai. Termasuk Golkar," jelas Ujang kepada MerahPutih.com di Jakarta, Jumat (26/6).

Direktur Indonesia Political Review ini melihat, AHY tak memiliki nafsu untuk masuk ke kabinet. Namun, untuk pemanasan silaturahmi politik terkait pencapresan nanti di 2024.

Safari ini memiliki dampak bagi Demokrat baik. Karena akan selalu disorot media hingga mendapat perhatian publik. Ujang yakin,setelah Golkar, AHY bakal melakukan safari politik lain ke parpol pendukung Jokowi.

"Akan ada pemberitaan untuk Demokrat tiap hari. Dan, itu akan menaikan pamor demokrat. AHY tentu tak hanya akan datang ke Golkar saja. Tapi akan menyambangi partai politik lain, baik yang ada di koalisi Jokowi atau bukan. Semuanya akan didekati dan didatangi," tutup Ujang.

Dalam pertemuannya dengan Ketua DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, AHY mengatakan sudah bertemu dengan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin seusai Kongres ke-V Partai Demokrat.

"Saya juga menyampaikan tadi bahwa minggu lalu, saya sudah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor dan juga Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman beliau, di mana ketika itu saya melaporkan hasil kongres dan juga kepengurusan DPP Partai Demokrat yang sudah disahkan," kata AHY di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (25/6).

AHY menyebut kunjungannya ke Istana Bogor menjadi awal dari silaturahmi politik Partai Demokrat di bawah kepemimpinannya. Setelah bertemu dengan Jokowi dan Ma'ruf, AHY baru menyambangi tokoh-tokoh partai politik.

"Dan itu menjadi pertemuan kick off bagi saya untuk melakukan silaturahmi dan juga komunikasi politik dengan tokoh-tokoh lainnya, termasuk pada malam hari ini adalah Partai Golkar," ujarnya.

AHY berharap pertemuannya dengan pimpinan Partai Golkar bisa semakin membangun kebersamaan di antara kedua belah pihak.

"Mudah-mudahan pertemuan ini bisa membawa kebaikan dan tentu bukan yang terakhir, kami berharap dalam berbagai kesempatan lainnya bisa semakin membangun sinergi dan kebersamaan," ungkap AHY.

Sebelumnya, di hari yang sama Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). AHY mengatakan kunjungan itu merupakan bentuk silaturahmi Partai Demokrat ke PBNU.

"Hari ini bisa kembali menjalin silaturahmi dengan keluarga besar PBNU. Ini merupakan acara yang insyaallah membawa kebaikan dan keberkahan buat semuanya. Tentu sudah diniatkan sejak lama, tetapi baru kali ini bisa terwujud," ujar AHY, Kamis (25/6). (*)