Melihat Pagu Anggaran, Murid SD DKI Akan Disuplai Lem Aibon Seberat 2,5 Kg Setiap Bulan -->
Cari Berita

Melihat Pagu Anggaran, Murid SD DKI Akan Disuplai Lem Aibon Seberat 2,5 Kg Setiap Bulan

tuntas.co.id

Lem aibon yang dijual di shoope
JAKARTA, TUNTAS.CO.ID - Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang kini duduk sebagai Anggota DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana menemukan anggaran yang aneh di APBD DKI Jakarta.
Pemrov DKI Jakarta menganggarkan pembelian lem Aibon sebesar Rp 82,8 miliar.
Bahkan William menyebut, setiap siswa SD akan mendapatkan lem aibon dua kaleng lem aibon setiap bulan. 
"Ditemukan anggaran aneh pembelian lem aibon 82 milliar lebih oleh Dinas Pendidikan. Ternyata Dinas Pendidikan mensuplai 2 kaleng lem Aibon per murid setiap bulannya. Buat apa?," ujar William lewat akun Twitter @willsarana, Selasa (29/10/2019).
Penganggaran lem aibon oleh Pemprov DKI Jakarta
Jika melihat anggaran per item yang ditulis di APBD Pemprov DKI, di mana satu kaleng lem aibon dianggarkan Rp 184 ribu. Maka yang akan diberi ke murid adalah lem aibon dengan berat 2,5 kilogram (Kg).
Karena dilihat di toko jual beli online, di antaranya shoope, harga lem aibon untuk berat 2,5 kilogram, sekitar Rp 150 ribu-an.
Dinas Pendidikan DKI Jakarta berkelit dengan menyebut ada kesalahan pengisian data yang dilakukan pegawai di dokumen rancangan KUA-PPAS 2020 itu. Meski di webstite sudah ditulis secara rinci jumlah item yang akan dibeli dan jumlah siswa penerima lem aibon tersebut.
"Ini sepertinya salah ketik, kami sedang cek ke semua komponennya untuk diperbaiki, " kata Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Susi Nurhati saat dihubungi di Jakarta.
Susi mengatakan, dalam usulan anggaran dinas melalui Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Kota Jakarta Barat itu, item yang diusulkan berupa kertas dan tinta saja dan menegaskan tidak ada pengajuan anggaran untuk pembelian lem aibon.
Susi mengatakan akan menyelidiki pihak yang menginput pembelian lem sebanyak Rp82,8 miliar tersebut.
"Kami akan cek ke seluruh SDN di Jakarta Barat, kami revisi usulan anggaran itu terakhir hari Jumat (25/10) malam," pungkasnya. (*)