Pasukan TNI Ini Bikin Prancis Berterimakasih, Berhasil Pulihkan Pemerintahan di Afrika dan Tangkap Pemberontak -->
Cari Berita

Pasukan TNI Ini Bikin Prancis Berterimakasih, Berhasil Pulihkan Pemerintahan di Afrika dan Tangkap Pemberontak

tuntas.co.id

Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Keamanan PBB/istimewa
TUNTAS.CO.ID - Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki track record yang membanggakan di dunia internasional. Bahkan dunia internasional member penghargaan atas prestasi TNI.

Pemerintah Prancis yang diwakili Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet menganugerahkan tanda kehormatan "Medaille de la Defense Nationale" kepada Letkol Marinir Didiet Hendra Wijaya di Jakarta.

Letkol Marinir Didiet telah berhasil mengoordinasikan secara sinergis pergerakan manuver di lapangan antara pasukan Uni-Afrika, pasukan PBB dan Pasukan Khusus Pemerintah Prancis, Sangaris pada 2015.

BACA JUGA : Tentara Amerika Gentar Lihat Denjaka TNI Saling Berhadapan Pakai Peluru Tajam

Operasi pemulihan keamanan ini menggabungkan seluruh unsur kekuatan pasukan perdamaian, dan menangkap para pemimpin gerombolan Seleka dan Anti Balaka yang bertikai, yang menewaskan lebih dari 300 orang masyarakat sipil.

Atas aksi pasukan pimpinan Letkol Marinir Didiet ini, otoritas Pemerintah Central Afrika dapat dikembalikan, sehingga situasi terkendali dan korban jiwa mampu ditekan.

"Bagi Negara Prancis penganugerahan ini sangat penting sebagai bentuk apresiasi tinggi," tutur Jean-Charles Berthonnet.

Kisah sukses ini mengingatkan pada beberapa kesuksesan Pasukan Garuda lain di medan tugas. Salah satunya saat Kontingen Garuda III menangkap 3.000 gerilyawan di Kongo pada 1962. (mar)

BACA JUGA : Jalan Aspal di Seluruh Indonesia Diwajibkan oleh Presiden Jokowi Menggunakan Bahan Karet, Harga di Petani Terdongkrak

BACA JUGA : Pembangunan 6 Ruas Tol JORR 2 akan Rampung Akhir 2019