Bupati Safrial Ingin Kepala Desa Bisa Bawa Perubahan -->
Cari Berita

Bupati Safrial Ingin Kepala Desa Bisa Bawa Perubahan

tuntas.co.id

TUNTAS.CO.ID, Tanjabbar - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS ingin setiap kepala desa di kabupaten tanjung jabung barat dapat membawa perubahan yang positif, hal ini disampaikannya saat membuka rapat koordinasi pembinaan kepala desa triwulan ke-2 yang diselenggarakan di gedung balai pertemuan kantor bupati, Senin (14/05).

Berdasarkan laporan kepala dinas PMD, H.Mulyadi.S.pd.M.kes.Rapat koordinasi pembinaan kepala desa ini digelar dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan desa antara kecamatan, dan Pemerintah Daerah, serta sebagai wahana untuk saling bertukar informasi.

Peserta rapat koordinasi yaitu seluruh Kepala desa dan 13 Camat lingkup kabupaten tanjung jabung barat.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, penyelenggara Pemerintah desa mulai dari kepala desa dan perangkat desa harus memiliki kemampuan dan keterampilan dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat sebagai bentuk inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan desa.

Bupati menambahkan, dalam bidang pembangunan desa, Pemerintahan Desa dituntut untuk dapat menyusun rencana kerja pembangunan desa sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan efektifitas dan efisiensi keuangan desa.

"Pemenuhan pelayanan dasar, sarana dan prasarana desa, serta pengembangan ekonomi lokal desa harus menjadi perhatian pemerintah desa" tegas Bupati.

Bupati juga menekankan, dalam bidang pembinaan masyarakat, pemerintah desa dituntut untuk membina keamanan, ketertiban, ketentraman dan memelihara kerukunan.

Begitu pula dalam bidang pemberdayaan masyarakat, Bupati berharap pemerintah desa dapat memfasilitasi kelompok - kelompok masyarakat melalui pelatihan usaha ekonomi, pendayagunaan teknologi tepat guna, peningkatan kapasitas masyarakat melalui kader pemberdayaan masyarakat, kelompok usaha, kelompok tani, dan lainnya.

"Dari sekian banyak kewenangan yang saya sebutkan diatas, minimal ada perubahan-perubahan positif yang dapat saudara terapkan selama menjabat sebagai Kepala Desa, saat ini bukan zamannya lagi berbuat apa adanya, kita semua harus berubah menjadi lebih baik, untuk itu kita perlu kreatifitas dan inovasi" ujar Bupati.

Rapat koordinasi pembinaan kepala desa ini dihadiri juga oleh Asissten, Staff Ahli, Kepala OPD, dan Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.(**)

Reporter : Anto