Penerimaan Pajak di Tanjabbar Lebih 100 Persen, Akan Terus Digenjot -->
Cari Berita

Penerimaan Pajak di Tanjabbar Lebih 100 Persen, Akan Terus Digenjot

tuntas.co.id


TUNTAS.CO.ID, Tanjabbar - Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah menggelar  rapat koordinasi intensifikasi Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan di Gedung Balai Pertemuan Kantor Bupati, Selasa (27/02/2018).

Pembukaan Rapat Koordinasi dipimpin langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS didampingi Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib.

Rapat ini digelar guna pembahasan permasalah serta mencari solusi dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah terutama dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan.

Sebagaimana laporan Kepala BPPRD Yon Henry, selain adanya penambahan jumlah wajib pajak, ada juga pembatalan wajib pajak yang telah dilakukan oleh BPPRD. Pembatalan ini umumnya dikarenakan kesalahan data, seperti adanya dua wajib pajak pada satu objek pajak.

Terkait penerimaan pajak, dalam sambutannya Bupati menyampaikan, pada tahun 2017 realisasi penerimaan pajak daerah Tanjung Jabung Barat mencapai 27,3 miliar rupiah dengan tingkat efektifitas penerimaan sebesar 106,6%. 

"Penerimaan pajak daerah ini senantiasa mengalami kenaikan dari tahun ke tahun dengan rata-rata pertumbuhan selama tiga tahun terakhir sebesar 31,32%," tambah Bupati.

Masih dalam sambutannya, bupati menyampaikan PBB-P2 berperan besar dalam peningkatan penerimaan pajak dengan kontribusi sebesar 17,63%. Sejak PBB-P2 dikelola oleh Kabupaten Tanjung Jabung Barat mulai Tahun 2014 terjadi peningkatan realisasi sebesar 9, 95%.

Bupati juga berharap kepada semua yang terkait pengelolaan PBB-P2 mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten untuk melakukan berbagai upaya secara terencana dan sistematis, mulai dari proses pendataan, pemutakhiran, penetapan dan penagihan, serta memberikan kemudahan dalam pelayanan PBB-P2.

Rapat diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah terkait, Camat, Lurah, Kepala Desa lingkup Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Tampak hadir pada pembukaan rapat koordinasi, Kepala Kantor KPPN Kuala Tungkal, Staf Ahli Bupati, dan Asisten, dan Kepala Bagian lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (**)

Reporter : Anto