SDN 1 Embacang Baru Gelar Upacara Hari Guru Nasional 25 November 2022 dan Dimeriahkan dengan Berbagai Lomba -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

SDN 1 Embacang Baru Gelar Upacara Hari Guru Nasional 25 November 2022 dan Dimeriahkan dengan Berbagai Lomba

tuntas.co.id


TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Peringatan Hari Guru Nasional jatuh pada Jumat (25/11/2022).
Ist


TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Peringatan Hari Guru Nasional jatuh pada Jumat (25/11/2022).


Tema Peringatan Hari Guru Nasional 2022 adalah "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar".


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan surat nomor 69583/MPK.A/TU.02.03/2022 yang berisi Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022.


Sesuai dengan pedoman tersebut, SDN 1 Embacang Baru Kecamatan Karang Jaya menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional 2022 pada tanggal 25 November 2022.


Dalam sambutanya Kepala SDN 1 Embacang Baru Kecamatan Karang Jaya, Nurcahya Prasetya, S.Pd, mengatakan, dalam filosofi jawa guru adalah digugu dan ditiru digugu yaitu ucapanya selalu dianggap benar oleh siswanya dan guru juga sosok ditiru yaitu selalu dijadikan teladan oleh siswanya.


"Tetapi diera globalisasi ini memiliki tugas yg semakin berat, karena pengaruh guru mulai terkikis sedikit demi sedikit oleh media televisi, media sosial dan internet," ujar Nurcahya Prasetya, Jum'at (25/11/2022).


"Tetapi peran guru tidak dapat digantikan oleh teknologi secabggih apapun kehadiranya tetap dibutuhkan dikelas oleh karena itu guru harus benar2 menyiapkan diri menjadi guru guru yang hebat," sambungnya.


Ia juga Menguktip dari william arthur word cahyo mengatakan " guru biasa memberitahu,guru baik menjelaskan, guru unggul memperagakan ( memberi contoh ) tetapi guru hebat memberi inspirasi.


Diakhir amanatnya cahyo menyisipkan pesan kepada peserta upacara untuk terus menebar kebaikan.


"Mari kita naikan derajat orang tua dan guru guru dengan melakukan kebaikan kebaikan yang telah mereka ajarkan, karena dari setiap kebaikan yang kita lakukan, allah akan meberikan pahala kepada orang tua dan guru-guru kita," tuturnya.


"Jika kita tdk mampu menjadi orang yang membanggakan, jgn pernah menjadi beban dan melakukan sesuatu yg menyakitkan hati serta mengecewakan orang tua orang dan guru2 kita," pesannya.


Ia berharap, siswa dan guru SDN 1 Embacang Baru menjadi yang terbaik, karena semua untuk kebaikan atau amal salih.


Setalah upacara selesai dilanjut rangkaian lomba cerdas cermat yang pesertanya terdiri dari 3 regu, setiap regu beranggotakan 3 orang siswa kelas 4,5 dan 6. Setelah itu lanjut lomba menghias tumpeng, satu kelas satu tumpeng sembagai rasa syukur hari guru. (*)