HESTI : Tekuluk Identitas Khas Wanita Jambi -->
Cari Berita


GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

HESTI : Tekuluk Identitas Khas Wanita Jambi

tuntas.co.id

HESTI : Tekuluk Identitas Khas Wanita Jambi
Ist


TUNTAS.CO.ID_JAMBI – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hesnidar Haris, (Hesti) mengemukakan, tekuluk merupakan identitas yang khas bagi wanita Provinsi Jambi. Hal tersebut, dikemukakan Hesti pada sesi wawancara usai melaksanakan video tutorial pemasangan tekuluk, bertempat di kediaman Menteri Perhubungan RI Jakarta, Selasa (12/04/2022).


Dalam pelaksanaan video tutorial pemasangan tekuluk, istri Menteri Perhubungan RI, Endang Budi Karya Sumadi menjadi model untuk pemasangan tekuluk dan secara langsung melakukan pemasangan tekuluk sendiri dengan 3 jenis tekuluk yaitu tekuluk lilit rotan, tekuluk bai bai dan tekuluk tegendeng. 


“Tekuluk Jambi yaitu warisan tradisi penutup kepala bagi kaum wanita di Jambi, merupakan suatu bukti adanya budaya melayu di Jambi. Tekuluk ini digunakan dalam keseharian maupun acara adat, setiap wilayah di Jambi memiliki ragam bentuk tekuluk yang berbeda, setiap tekuluk memiliki makna dan nilai nilai filosofi kehidupan," ujar Hesti.


Hesti menuturkan Dekranasda Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya melestarikan tekuluk sebagai identitas khas Jambi, dan ingin mengangkat kembali tekuluk Jambi agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, dengan menggunakan tekuluk pada acara-acara resmi. Tekuluk ini merupakan salah satu identitas khas dari Provinsi Jambi, yang cara pemakaiannya sangat berbeda sekali tanpa adanya jahitan maupun tanpa menggunakan peniti ataupun jarum pentul dan benar benar dililitkan ke kepala dengan pola-pola yang berbeda.


“Tekuluk ini juga bisa digunakan sebagai fashion untuk wanita yang berjilbab, karena tekuluk di Provinsi Jambi sendiri ada bermacam-macam modelnya, sebanyak 94 model tekuluk, setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi memiliki model tekuluk yang berbeda," tutur Hesti.


Lebih lanjut, Hesti mengungkapkan, tujuan dari pelaksanaan video tutorial pemasangan tekuluk ini salah satunya adalah guna mendukung program pemerintah pusat yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) sebagai produk asli buatan Indonesia yang telah memiliki hak kekayaan intelektual. Video tutorial pemasangan tekuluk ini agar setiap orang bisa menggunakan tekuluk dan mengenal tekuluk dari Provinsi Jambi. (*/5ul)