Wabup Muratara Peringati Nuzulul Qur'an dan Buka Puasa Bersama di Muara Rupit -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Wabup Muratara Peringati Nuzulul Qur'an dan Buka Puasa Bersama di Muara Rupit

tuntas.co.id

Wakil Bupati Inayatullah
Ist


TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Nuzulul Quran merupakan peristiwa malam turunnya Alquran, peristiwa ini merupakan peristiwa yang penting bagi umat Islam di seluruh dunia. 


Nuzulul Quran adalah peristiwa di mana Allah menurunkan ayat Alquran secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh ke Baitul Izzah atau langit dunia. 


Allah memberikan wahyu tersebut kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Peringatan Nuzulul Quran jatuh setiap tanggal 17 Ramadhan.


Untuk itu Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar Safari Ramadhan sekaligus memperingati Nuzulul Quran di kediaman Rumah Dinas Wakil Bupati Inayatullah, Muara Rupit, Selasa (19/4/2022).


Umat Islam yang diwakili berbagai organisasi tampak hadir mengikuti kegiatan ini hingga selesai. 


Terlihat juga beberapa pejabat serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), ikut melaksanakan ibadah salat magrib, Isya dan tarawih berjamaah.


Wakil Bupati (Wabup) Inayatullah dalam sambutannya mengatakan melalui momentum Nuzulul Quran ini. Masyarakat diingatkan, untuk semakin bersemangat dalam bertadarus, semakin khusyuk bershalat tahajud dan berupaya mempertebal kesalehan sosial.


"Turunnya Alquran di bulan Ramadhan atau Nuzulul Quran tidak sekadar momentum untuk membaca kitab suci Al Quran. Lebih dari itu, Nuzulul Quran selayaknya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pegangan hidup setiap muslim," tutur Wabup.


Sebab, kata Wabup, hal ini bisa membangun kehidupan bermasyarakat yang lebih baik, rukun serta memperkuat sinergi Menuju Kabupaten Baldatun Ṭoyyibatun Wa Rabbun Ghafūr (Sebuah negeri yang mengumpulkan kebaikan alam dan kebaikan akhlak penduduknya. Red).


Wakil Bupati yang biasa disapa ustad Inaya ini juga mendoakan masyarakatnya agar terus diberikan kesehatan dan kekuatan untuk dapat melanjutkan ibadah puasa sampai hari kemenangan nanti. 

(A4)