Swasta dan Instansi Terkait Dukung Kemajuan Olahraga di Muratara -->
Cari Berita

GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Swasta dan Instansi Terkait Dukung Kemajuan Olahraga di Muratara

tuntas.co.id

Ketum KONI Muratara, Subandri bersama Kadispora Suhardiman dan Pimpinan Bank Sumsel Babel (BSB) saat coffe morning dan dialog olahraga, (Poto/A4)
Ketum KONI Muratara, Subandri bersama Kadispora Suhardiman dan Pimpinan Bank Sumsel Babel (BSB) saat coffe morning dan dialog olahraga, (Poto/A4)

TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melakukan Coffe Morning dan dialog olahraga, di gedung BPKAD, Muara Rupit, Selasa (29/3/2022).


Kegiatan bertema "Mengharumkan nama besar Muratara melalui presentasi olahraga" ini dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Suhardiman, Dinas Pendidikan, Mugono, BPKAD, Komite CSR Muratara yang diwakili Pimpinan Bank Sumsel Babel Muara Rupit, serta Ketua-ketua Cabang Olahraga (Cabor) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) olahraga se-kabupaten.


Ketua Umum KONI Muratara, Subandri, menyebutkan, untuk mengharumkan Nama besar Kabupaten Muratara melalui presentasi olahraga perlu dukungan dari berbagai elemen, baik itu eksekutif, legislatif maupun pihak swasta.


"Potensi bibit dan pemain berprestasi diberbagai bidang olahraga itu sangat banyak, tinggal lagi, bagaimana kita menjembatani agar mereka sampai pada puncak prestasi emasnya," kata Subandri.


Untuk itu Subandri berharap, semua stakeholder mendukung kelangsungan perjalanan kemajuan olahraga di Kabupaten Muratara.


"Seperti Dinas Pendidikan, memberikan porsi setimpal untuk guru-guru olahraga yang mendidik bibit-bibit juara dalam bidang olahraga," sebutnya.


Begitupun pihak swasta kata Subandri, bisa kontribusi melalui program komiteh CSR untuk dunia olahraga.


Menurutnya dengan keterlibatan semua pihak untuk berkontribusi terhadap dunia olahraga di Kabupaten Muratara, tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti prestasi anak-anak Muratara dibidang olahraga sampai ke kancah Internasional.


"Kita bangga kalau anak-anak mengharumkan nama Muratara, baik dikancah Provinsi maupun Nasional hingga Internasional," ujarnya.


Apa yang disampaikan Ketua KONI ini merupakan aspirasi dari semua Cabor yang aktif dan harapan dari semua kelompok kerja guru (KKG) se-kabupaten Muratara.


Menanggapi itu Kadis Pendidikan, Mugiono, menyatakan siap mempasilitasi dan berupaya membuat rancangan untuk kegiatan olahraga.


"Nanti kita akan membuat Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), silahkan nanti para KKG mengusulkan cabang olahraga apa saja yang akan kita prioritaskan," ungkapnya.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Suhardiman, menyimpulkan, jika selama ini ada disinformasi, sistem administrasi dan regulasi.


"Salah satu langkah kongkrit adalah kita mengusulkan pembuatan Regulasi, baik itu Perda maupun Perbup," tegas Suhardiman.


Menurutnya, dengan regulasi itulah pihak dinas maupun swasta memiliki acuan untuk mendistribusikan anggaran untuk pengembangan dunia olahraga di Kabupaten Muratara.


Suhardiman juga menerangkan, agar stakeholder yang terlibat harus melakukan pemetaan terhadap potensi olahraga apa saja yang menjadi prioritas sesuai karakteristik masyarakat Muratara.


"Katakanlah Sekitar 40 perusahaan yang aktif, nah nanti dibagi saja, misalkan tiga perusahaan ini punya anak asuh satu Cabor apa, dan begitupun seterusnya," paparnya.

 

Ditempat yang sama, Pimpinan Bank Sumsel Babel (BSB), Bayu Yuda Perwira, Optimis jika ada suatu regulasi yang mengikat, maka pihak swasta akan lebih proaktif lagi dalam keterlibatan pengembangan dan kemajuan dunia olahraga di Kabupaten Muratara.


Menurut Bayu selama ini belum ada acuan bagi pihak swasta untuk melakukan pembinaan olahraga di Muratara.

 

"Untuk itu diperlukanerlu pengaturan tentang regulasinya, saya yakin jika memang jelas aturannya mereka (Forum CSR,Red) pasti berkontribusi, misalnya berapa persen dari anggaran CSR untuk disalurkan ke bagian olahraga, maka pelaku usaha pasti semangat," tutupnya.

(A4)