Musrenbang Kabupaten Muratara, Ini Arah Pembangunan 2023 -->
Cari Berita

GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Musrenbang Kabupaten Muratara, Ini Arah Pembangunan 2023

tuntas.co.id

TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Setelah merampungkan di 7 kecamatan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), digelar di halaman kantor Bupati, Kamis (31/3/2022).  Kegiatan ini bertema, "peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat infrastruktur dasar yang berkualitas disertai pelayanan yang optimal."   Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tabalong tahun 2023 ini dihadiri dan dibuka Bupati Muratara Devi Suhartoni.  Dalam arahannya, Bupati menyampaikan, Pada kegiatan tahun 2023 harus mempertimbangkan dan diselaraskan dengan arah pembangunan dan fokus pada sasaran yang diindikasikan dalam rancangan RPJMD 2021-2026 yang akan disusun sesuai visi Kabupaten Muratara yaitu mewujudkan CITRA Muratara Berhidayah.  Dengan Misi, meningkatkan daya saing bagi pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis sumber daya alam berwawasan lingkungan dan kearifan lokal didukung infrastruktur yang merata.  Dua meningkatkan Sember daya manusia yang berakhlak, toleran dan harmoni berdasarkan Pancasila.  Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang cerdas Inovatif Transparan Responsif dan Akuntabel (CITRA  Bupati juga menyampaikan, sebagaimana arah kebijakan pembangunan Kabupaten Muratara Tahun 2023, maka ada beberapa prioritas daerah yang harus diperhatikan dengan baik.  "Arah pembangunan 2023 kabupaten Muratara lebih difokuskan, pertama percepatan penurunan kemiskinan dan stanting serta peningkatan IPM. Peningkatan ekonomi masyarakat dan pengentasan daerah tertinggal melalui infrastruktur dan konektivitas wilayah yang berkualitas serta kemudahan berinvestasi," jelas Bupati.  "Pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan pengurangan bencana, pelayanan publik dan stabilitas keamanan serta pelaksanaan pemerintahan yang akuntabel melalui optimalisasi repormasi birokrasi SAKIP, SIP dan MCP," sambungnya.  Bupati mengingat kepada seluruh stakeholder, agar seluruh program dan kegiatan yang disusun itu bukan berupa keinginan, tapi benar-benar keperluan riil bagi pembangunan Kabupaten Muratara khususnya, serta harus memberi manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat.  "Melalui forum musrenbang ini pula, diharapkan semua stakeholder dan kepala SKPD yang hadir  berkomitmen untuk menghasilkan kegiatan pembangunan yang berkualitas, yang mampu mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat," tuturnya.  Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati, Inayatullah, Lutfi Latief kementerian Desa PDT, Melalui Zoom, Riono kementerian PUPR, Banpennas, Bapedda Sumsel, Sekretaris Daerah, Elvandari, Ketua DPRD Muratara, Efriyansah, Kapolres, Dandim 0406, Asosiasi Pemerintah Desa.  (A4)
Ist

TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Setelah merampungkan di 7 kecamatan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), digelar di halaman kantor Bupati, Kamis (31/3/2022).


Kegiatan ini bertema, "peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat infrastruktur dasar yang berkualitas disertai pelayanan yang optimal." 


Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tabalong tahun 2023 ini dihadiri dan dibuka Bupati Muratara Devi Suhartoni.


Dalam arahannya, Bupati menyampaikan, Pada kegiatan tahun 2023 harus mempertimbangkan dan diselaraskan dengan arah pembangunan dan fokus pada sasaran yang diindikasikan dalam rancangan RPJMD 2021-2026 yang akan disusun sesuai visi Kabupaten Muratara yaitu mewujudkan CITRA Muratara Berhidayah.


Dengan Misi, meningkatkan daya saing bagi pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis sumber daya alam berwawasan lingkungan dan kearifan lokal didukung infrastruktur yang merata.


Dua meningkatkan Sember daya manusia yang berakhlak, toleran dan harmoni berdasarkan Pancasila.


Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang cerdas Inovatif Transparan Responsif dan Akuntabel (CITRA).


Bupati juga menyampaikan, sebagaimana arah kebijakan pembangunan Kabupaten Muratara Tahun 2023, maka ada beberapa prioritas daerah yang harus diperhatikan dengan baik.


"Arah pembangunan 2023 kabupaten Muratara lebih difokuskan, pertama percepatan penurunan kemiskinan dan stanting serta peningkatan IPM. Peningkatan ekonomi masyarakat dan pengentasan daerah tertinggal melalui infrastruktur dan konektivitas wilayah yang berkualitas serta kemudahan berinvestasi," jelas Bupati.


"Pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan pengurangan bencana, pelayanan publik dan stabilitas keamanan serta pelaksanaan pemerintahan yang akuntabel melalui optimalisasi repormasi birokrasi SAKIP, SIP dan MCP," sambungnya.


Bupati mengingat kepada seluruh stakeholder, agar seluruh program dan kegiatan yang disusun itu bukan berupa keinginan, tapi benar-benar keperluan riil bagi pembangunan Kabupaten Muratara khususnya, serta harus memberi manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat.


"Melalui forum musrenbang ini pula, diharapkan semua stakeholder dan kepala SKPD yang hadir berkomitmen untuk menghasilkan kegiatan pembangunan yang berkualitas, yang mampu mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat," tuturnya.


Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati, Inayatullah, Lutfi Latief kementerian Desa PDT, Melalui Zoom, Riono kementerian PUPR, Banpennas, Bapedda Sumsel, Sekretaris Daerah, Elvandari, Ketua DPRD Muratara, Efriyansah, Kapolres, Dandim 0406, Asosiasi Pemerintah Desa.

(A4)