Indahnya Maha Karya Peserta MTQ ke-VIII Muratara Cabang Kaligrafi -->
Cari Berita

GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Indahnya Maha Karya Peserta MTQ ke-VIII Muratara Cabang Kaligrafi

tuntas.co.id

MTQ ke-VIII Kabupaten Muratara
Hasil seni kaligrafi peserta MTQ ke-VIII Kabupaten Muratara. (Poto/Ist)

TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Kaligrafi Islam yang biasa dikenal sebagai kaligrafi Arab atau seni lukis huruf Arab, merupakan suatu seni artistik tulisan tangan, atau kaligrafi, serta meliputi hal penjilidan.


Seni Kaligrafi ini juga menjadi salah satu cabang lomba yang digelar pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VIII tingkat Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).


Lomba ini meliputi empat golongan yakni penulisan naskah, hiasan mushaf, dekorasi, dan kaligrafi kontemporer.


Sebanyak 39 peserta yang mewakili tujuh Kecamatan se-muratara, Pertama golongan penulisan naskah diikuti 4 peserta putra dan 4 putri, selanjutnya kaligrafi kontemporer diikuti 6 putra dan 5 putri, hiasan mushaf 5 putra dan 5 putri serta golongan kaligrafi dekorasi 5 putra dan 5 putri.


Tampak Kuas meliuk-liuk di atas kanvas, Semula hanya membentuk satu huruf hijaiyah. Perlahan huruf itu membentuk sebuah kalimat.


Dibentuk dari kalimat berbahasa Arab sehingga menghasilkan sebuah pemandangan yang begitu indah.


Dewan Hakim kaligrafi utusan LPTQ Provinsi Sumsel, Allif Habibi, saat jumpa media ini menyampaikan, Jiwa sini kaligrafi anak Muratara luar biasa, sangat berkembang dan memiliki potensi yang sangat kompetitif.


"Khusus untuk cabang kontemporer, itu luar biasa improvisasi nya, sehingga menghasilkan maha karya yang tak terhingga nilainya," tutur Allif.


"Ini daerah baru, namun sudah bisa melahirkan bibit yang unggul," sambungnya.


Dia berharap, peserta yang mengikuti lomba kaligrafi ini dapat menjadi juara pada tingkatan MTQ Provinsi Sumsel, bahkan mewakili Sumsel pada ajang Nasional.


"Mudah-mudahan nanti mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga menjadi utusan Sumsel pada Ivent nasional," harapannya.


MTQ ke-VIII Kabupaten Muratara
Dewan Hakim MTQ ke-VIII Kabupaten Muratara Cabang Kaligrafi. (Poto/Ist)


Dewan Hakim lokal, Ustad Sakban Ma'ani, menyebutkan, Lomba kaligrafi ini dimulai Jum'at (25/3/2022) pagi hingga selesai pada sore hari, di lokasi perlombaan, SD Negeri 4 Desa Lawang Agung.


"Peserta sangat antusias, dari jam 8 pagi hingga sore hari, mereka tatap semangat dalam mengikuti lomba kaligrafi ini," kata Sakban.


Dia mengatakan, semua peserta baik itu putra maupun putri merupakan asli kelahiran Kabupaten Muratara.


"Insyaallah, semua peserta merupakan anak-anak asli Muratara," ungkapnya.


Sakban berharap, melalui Ivent-ivent keagamaan ini mampu mewujudkan visi dan misi pimpinan tertinggi Kabupaten Muratara dapat terealisasi.


"Mudah-mudahan, program yang dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati untuk Meujudkan CITRA Muratara Berhidayah dapat terwujud," ujarnya.


Melihat kelancaran proses pelaksanaan MTQ ke-VIII Kabupaten Muratara, Sakban optimis jika MTQ tingkat Provinsi Sumatera Selatan dilaksanakan di Muratara akan berjalan sukses pula.


"Dan kami berharap, Kabupaten Muratara bisa menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi," harapannya.


"Semoga Muratara menjadi Kabupaten yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur," timpalnya.


(A4)