Langkah Strategis Wujudkan Visi dan Misi Olahraga Jambi, KONI Gandeng UIN STS Jambi -->
Cari Berita

GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Langkah Strategis Wujudkan Visi dan Misi Olahraga Jambi, KONI Gandeng UIN STS Jambi

tuntas.co.id

KONI Jambi tanda tangani MOU dengan Rektor UIN STS Jambi untuk langkah strategis pengembangan olahraga di Jambi. (Poto/Ist)
KONI Jambi tanda tangani MOU dengan Rektor UIN STS Jambi untuk langkah strategis pengembangan olahraga di Jambi. (Poto/Ist)


TUNTAS.CO.ID_JAMBI - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi terus mengambil langkah-langkah strategis dalam mewujudkan visi misi olahraga Jambi berprestasi. 


Salah satu langkah strategis tersebut yakni menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi.


Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MOU antara kedua belah pihak. Nota kesepahaman diteken langsung oleh ketua umum KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan dan Rektor UIN STS Jambi, Prof. Suaidi, di ruang senat, gedung Rektorat UIN STS Jambi, kampus Simpang Sungai Duren, Mendalo, Muaro Jambi. Jum'at (11/2).


Acara penandatanganan nota kesepahaman ini turut disaksikan oleh Wakil Rektor III, para dekan UIN STS Jambi, dan sejumlah pengurus KONI Provinsi Jambi, yakni Wakil Ketua Umum II KONI Provinsi Jambi, Hendri Hutabarat, Sekretaris Umum, Mumtaz Mona, Bendahara Umum, Rubi Salam, Kabid Media dan Humas, Maskun Sopwan, Wakabid Media dan Humas, Aidil Putra, Kabid Pembinaan Prestasi, Muhammad Ali, Kabid Auditor Internal, Windy Adriana, Wakabid I Pendidikan dan Penataran KONI Provinsi Jambi, Desi Rahmiati dan ketua KONI Kota Jambi, M. Kadafi.


Wakil Rektor III UIN STS Jambi, Dr. Bahrul Ulum menjelaskan, nota kesepahaman ini bertujuan mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki para pihak, guna pengembangan sumber daya manusia dan pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi yang meliputi, pendidikan, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia, pengabdian masyarakat serta pembinaan olahraga pada instansi para pihak.


"Tujuan nota kesepahaman ini adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan potensi lainnya yang dimiliki para pihak dalam pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak sesuai kewenangan masing-masing," tuturnya.


Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini mencakup.

1. Penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pelatihan.

2. Penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat.

3. Peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Penggunaan fasilitas olahraga para pihak

4. Kemudahan fasilitas bagi atlet berprestasi untuk masuk kuliah.

5. Pemberian keringanan biaya perkuliahan bagi atlet berprestasi baik tingkat daerah, nasional maupun internasional.

6. Pembinaan bersama beberapa cabang olahraga sesuai dengan potensi, SDM, dan sarana yang ada.

7. Saling koordinasi antara Humas para pihak dalam hal publikasi kegiatan.

Setiap pemberitaaan dari implementasi kerjasama agar dimuat di website masing-masing dan mengirim link pemberitaannya kepada para pihak;

8. Dan kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak.


Ketua umum KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan dalam sambutannya menyambut baik inisiasi UIN STS Jambi dalam menjalin kerjasama memajukan olahraga di Provinsi Jambi. Budi berharap, kerjsama tersebut dapat meningkatkan minat mahasiswa UIN Jambi untuk gemar berolahraga.


"Ada banyak manfaat dari kerjasama ini, atlet-atlet kita yang berprestasi yang ingin berkuliah bisa mendapat keringanan biaya, pihak UIN juga akan membangun sejumlah venue olahraga, nah kalau ada event besar seperti Porprov, atau kejuaraan nasional PON bisa kita berkolaborasi, melakukan pertandingan olahraga di UIN ini," tuturnya.


Ia berharap, kerjasama tersebut dapat berjalan baik, dan membuahkan hasil dalam memajukan serta meningkatkan prestasi olahraga di Provinsi Jambi.


Sementara itu Rektor UIN STS Jambi, Prof Dr. H. Su'aidi dalam sambutannya mengatakan, lewat kolaborasi dengan KONI Provinsi Jambi, masyarakat dapat mengetahui bahwa UIN STS Jambi saat ini tidak hanya berfokus pada pendidikan agama, melainkan juga pada aspek umum lainnya yang dapat bersaing secara global.


"UIN Jambi dalam hal ini dengan paradigma yang kita bangun sekarang transitegrsi ilmu memungkinkan untuk melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak, khususnya hari ini berkaitan dengan olahraga olahraga, kita bisa menciptakan generasi muda yang tangguh jujur juga berkompetisi dan dengan mengangkat nama baik Jambi di di tingkat nasional," tuturnya


Suaidi juga menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan berbagai fasilitas olahraga, diantaranya stadio bola kaki dengan lintasan atletik.


"Proposalnya sedang kita ajukan ke kementrian terakit, kita harapkan dalam kerjasama tadi KONI dapat mensuport proposal itu, kita siap membantu Provinsi Jambi, Kota menjadi tuan rumah, dan bukan hanya bola kaki termasuk juga volly ball, tennis meja, badminton dan lain sebagainya, karena dengan fasilitas olahraga seperti ini memungkinkan untuk menyatukan masyarakat dengan UIN, dengan demikian UIN Jambi ingin ikut serta mengangkat nama baik menjadikan Jambi yang mantap lebih unggul," tandasnya. (*/sul).