Mengganggu Kesehatan dan Lingkungan, Bupati Muratara Akan Ubah Lokasi TPA Menjadi BLK -->
Cari Berita
GUNAKAN MASKER SAAT KELUAR RUMAH, JAGA JARAK DAN RUTIN CUCI TANGAN, KITALAH YANG MENCEGAH COVID-19

Mengganggu Kesehatan dan Lingkungan, Bupati Muratara Akan Ubah Lokasi TPA Menjadi BLK

tuntas.co.id

TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Bupati
Bupati Devi Suhartoni meninjau rencana lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Sungai Jauh Kabupaten Musi Rawas Utara. (Poto/Ist)


TUNTAS.CO.ID_MURATARA - Soal lingkungan hidup sepertinya Bupati Musi Rawas Utara, Devi Suhartoni, sangat serius.


Saat melakukan peninjauan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Sungai Jauh, Kecamatan Rawas Ulu, Selasa (26/10/2021) Devi melihat penting adanya evaluasi terhadap posisi TPA tersebut.


Menurut Devi lokasi TPA itu sangatlah tidak tepat dan sangat mengganggu kesehatan, karena berada di dekat sekolah dan pemungkiman penduduk.


"Lokasi TPA ini tidak cocok di sana, dekat sekolah dan pemungkiman penduduk, bahaya bagi kesehatan dan lingkungan, perlu evaluasi, kasihan masyarakat dan anak sekolah," ujarnya saat di konfirmasi. Rabu(27/10/2021)


Kemudian Devi berencana akan mengubah lokasi TPA untuk di bangunkan Badan Latihan Kerja(BLK) untuk melatih anak anak muda Muratara menggali keahlian agar bisa di distribusikan ke dunia usaha ataupun usaha mandiri pemuda.


"Kita akan jadikan lokasi TPA itu untuk kita bangun BLK, BLK sangatlah penting untuk mengali keahlian para pemuda kita, kalau ada keahlian tentu kita akan distribusikan ke dunia usaha atau paling tidak dia punya skil keahlian sendiri sehingga dia bisa membangun usaha dengan keahliannya, itu lebih bermanfaat," Tambah kader PDI Perjuangan itu.


Disinggung soal di mana akan di letakannya lokasi TPA yang baru, Suami Riita Suryani menyampaikan bahwa sudah ada lokasi baru seluas 13 H yang di hibahkan PT. Agro Rawas Ulu ke Pemerintah Musi Rawas Utara, yang lokasinya agak jauh ke dalam dan jauh dari pemungkiman penduduk.


"Sudah ada, kita alhamdulillah di hibahkan oleh PT. ARU seluas 13 Hektar, nanti kita akan jadikan TPA baru, kami (Pemerintah red) sangat berterimakasih pada ARU," pungkasnya.


Diketahui Devi sangat konsisten dengan lingkungan hidup, upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan juga Pendidikan serta kesehatan masyarakat.


(Red)